Banjir Bandang di Kolut, Akses Jalan Menuju Batu Ganda Nyaris Putus

Muh. Risal H, telisik indonesia
Jumat, 18 Desember 2020
0 dilihat
Banjir Bandang di Kolut, Akses Jalan Menuju Batu Ganda Nyaris Putus
Akses jalan dari jalan poros trans Sulawesi menuju Dusun I Desa Batu Ganda Permai nyaris putus. Warga hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua. Foto: Muh Risal/Telisik

" Sebentar kami akan menuju ke lokasi untuk memastikan kondisi warga di sana. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Banjir bandang yang menerjang Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis malam (17/12/2020), menyebabkan akses jalan menuju Desa Batu Ganda Permai, Kecamatan Lasusua,  nyaris putus.

Akibatnya distribusi logistik oleh Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggunakan kendaraan roda empat tersendat dan hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua.

Kondisi terparah dialami empat dusun yakni Dusun 4 sampai 6. Hingga saat ini akses menuju ke 4 dusun masih terisolir akibat jalan terputus.

Kepala Desa Batu Ganda Permai, Masbahuddin saat dikonfirmasi tadi pagi mengungkapkan, saat ini dirinya belum dapat memastikan kondisi warganya di empat dusun tersebut karena akses menuju ke sana terputus.

Baca juga: Pandemi Meningkat, Masyarakat Jatim Diminta Waspada saat Pergantian Tahun

"Sebentar kami akan menuju ke lokasi untuk memastikan kondisi warga di sana," terang Masbahuddin, Jumat (18/12/2020).

Berdasarkan pantauan Telisik.id yang sejak pagi, hampir semua rumah warga yang berada di Dusun I dan II Desa Batu Ganda Permai terendam air bercampur lumpur. Selain itu, puluhan kayu-kayu besar tampak menumpuk di pemukiman warga dan tepi jalan.

 

Banjir membawa batang pohon ke jalan dan pemukiman warga. Foto: Muh Risal/Telisik

 

Sampai saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak BPBD atau dari pemerintah desa terkait kerugian yang ditimbulkan akibat bencana tersebut karena masih dalam proses pendataan.

Untuk diketahui, banjir bandang yang melanda Kolaka Utara menerjang lima desa yakni Desa Batu Ganda Permai, Rante Limbong, Pitulua, Tojabi, dan kelurahan Lasusua. (B)

Reporter: Muh. Risal

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga