adplus-dvertising

Banjir Mutasi di Polri Imbas Kasus Brigadir J, 2 Jenderal Dicopot Lagi

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 05 Agustus 2022
1076 dilihat
Banjir Mutasi di Polri Imbas Kasus Brigadir J, 2 Jenderal Dicopot Lagi
Imbas kasus penembakan Brigadir J, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan telegram mengenai mutasi anggota Polri. Foto: Repro Inews

" Selain Irjen Ferdy Sambo yang dicopot dari jabatan sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri, terdapat setidaknya dua jenderal bintang satu dan tujuh perwira menengah dimutasi "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi terhadap sejumlah perwira tinggi dan menengah yang dianggap terlibat kasus kematian Brigadir J alias Nopryansah Yosua Hutabarat.

Selain Irjen Ferdy Sambo yang dicopot dari jabatan sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri, terdapat setidaknya dua jenderal bintang satu dan tujuh perwira menengah dalam telegram mutasi yang ditandatangani Listyo Sigit pada Kamis, 4 Agustus 2022.

"Malam ini saya keluarkan surat telegram khusus untuk memutasi dan tentunya harapan saya penanganan tindak pidana terkait dengan meninggalnya Brigadir Yosua ke depan akan berjalan baik," kata Listyo Sigit dilansir dari Tempo.co.


Sigit menyatakan bahwa tim inspektorat khusus dan tim khusus bentukannya telah memeriksa 25 anggota polisi dalam kasus ini. Tim itu menemukan indikasi tindakan tidak profesional dari para anggota polisi itu dalam penanganan kasus kematian Yosua.

Baca Juga: 7 Jam Diperiksa, Irjen Ferdy Sambo Bongkar Penembakan Brigadir J: Ini karena Ulahnya ke Istri Saya

Baca Juga: Kronologi Bharada E Tembak Brigadir J dari Jarak Dekat Walau Sudah Terkapar, Berlangsung 2 Menit

"Sebanyak 25 personel ini kami periksa terkait dengan ketidakprofesionalan dalam penanganan TKP," kata Sigit.

Sebanyak 25 personel yang diperiksa itu, terdiri dari perwira tinggi hingga bintara. Berasal dari Divpropam, Bareskrim, Polda Metro Jaya hingga Polres Metro Jakarta Selatan.

Listyo lalu menegaskan bahwa penyidikan terus berjalan. Dia menyatakan Polri bakal mengusut kasus ini hingga terang benderang dalam mengungkap kematian Brigadir J.

"Penanganan dan penyidikan sudah, tersangka juga sudah, dan tidak berhenti sampai di situ akan terus dikembangkan. Semuanya akan menjadi jelas terkait siapapun yang terlibat dalam proses tindak pidana tersebut, tentu akan kita tindak tegas," ucap Listyo dilansir dari CNNIndonesia.com. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga