Bank Sultra Dukung Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah Kota Kendari

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 02 Februari 2021
0 dilihat
Bank Sultra Dukung Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah Kota Kendari
Dukungan Percepatan perluasan daerah oleh Bank Sultra. Foto: Ist.

" Pada prinsipnya Bank Sultra saat ini sedang menginisiasi kolaborasi kerjasama dengan layanan keuangan elektronik yang telah terdaftar dan diawasi oleh Bank Indonesia untuk QRIS-nya dan saat ini dalam tahap kajian. "

KENDARI, TELISIK.ID - Bank Sultra turut mengambil peran dalam Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kota Kendari.

Plt. Direktur Utama Bank Sultra Abdul Latif menyampaikan, sebagai mitra strategis dan bank pengelola dana Pemerintah Daerah (Pemda) pihaknya siap mendukung percepatan digitalisasi itu.

Hal tersebut juga, lanjut Latif, merupakan bagian dari komitmen Bank Sultra dalam meningkatkan pelayanannya pada masyarakat.

"Pada prinsipnya Bank Sultra saat ini sedang menginisiasi kolaborasi kerjasama dengan layanan keuangan elektronik yang telah terdaftar dan diawasi oleh Bank Indonesia untuk QRIS-nya dan saat ini dalam tahap kajian," ungkapnya, Selasa (2/2/2021).

Abdul Latif juga berharap Bank Sultra bisa menjadi pionir dalam digitalisasi transaksi Pemda karena dukungan infrastruktur yang dimiliki saat ini dinilai mampu dan teruji.

"Sejauh ini Bank Sultra telah mendukung ETP Pemda seperti pelayanan SP2D online (belanja modal), Satker Online (belanja rutin), Samsat online, PBB online BPHTB online serta yang terbaru adalah integrasi dengan aplikasi SIPD Kemendagri untuk pengelolaan keuangan daerah," tuturnya.

Baca juga: Pelaku UMKM di Kampus Gulung Tikar Akibat Belajar Daring

Sementara itu, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menyampaikan akan menerapkan ETP dalam percepatan digitalisasi daerah. ETP juga merupakan upaya mengubah transaksi pendapatan pemerintah di daerah dari sebelumnya menggunakan cara tunai.

"Instrumen non tunai tidak terbatas melalui teler namun bisa juga dari kanal lainnya," katanya.

Sedangkan Kepala Kantor Wilayah Bank Indonesia Sultra, Bimo Epyanto menjelaskan, Kota Kendari merupakan acuan bagi kota lain di Sultra untuk mulai melaksanakan ETP. Menurutnya ETP secara signifikan dapat meningkatkan PAD.

"Bahkan mampu meningkatkan upaya menjaga PAD sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif," ujarnya.

Ia juga menegaskan dukungan dari Bank Sultra sebagai Bank milik daerah dalam percepatan digitalisasi itu dapat terjalin dengan baik. (B)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga