Bank Sultra Permudah Transaksi Nontunai dengan Qris

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 30 Oktober 2023
0 dilihat
Bank Sultra Permudah Transaksi Nontunai dengan Qris
Bank Sultra permudah layanan transaksi nontunai dengan Qris. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Bank Sultra resmi menambah fitur Qris pada aplikasi mobile banking guna mempermudah nasabah melakukan berbagai transaksi nontunai "

KENDARI TELISIK.ID - Bank Sultra resmi menambah fitur Qris pada aplikasi mobile banking guna mempermudah nasabah melakukan berbagai transaksi nontunai.

Launching secara resmi Qris Bank Sultra telah dilakukan pada Jumat, 27 Oktober 2023 lalu, di sela-sela pembukaan FinExpo BIK 2023 di Sulawesi Tenggara.

Peluncuran ini juga sebagai penanda, Qris Bank Sultra telah dapat digunakan dan berdampak pada perluasan jangkauan Qris di wilayah Sulawesi Tengggara, sekaligus dalam rangka mendukung program Bank Indonesia dan OJK.

Baca Juga: Rapor Hijau Kinerja Keuangan Bank Sultra dari OJK Sulawesi Tenggara

Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latif mengatakan, Bank Sultra telah melakukan soft launching fitur Qris sejak tanggal 20 Oktober 2023 yang lalu. Adapun fitur QRIS merupakan update dari fitur Bank Sultra Mobile Banking.

Launching fitur Qris dalam aplikasi mobile banking Bank Sultra untuk mempermudah transaksi nontunai. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

Dengan adanya fitur ini, lanjut Abdul Latif, nasabah Bank Sultra dapat melakukan transaksi pembayaran secara digital dan nontunai.

“Fitur QRIS ini merupakan salah satu upaya kami untuk mendukung akselerasi inklusi keuangan di Sulawesi Tenggara. Makanya kita secara resmi meluncurkan di sela kegiatan FinExpo BIK 2023 ini,” jelas Abdul Latif.

Abdul Latif menjelaskan, fitur Qris Bank Sultra dapat digunakan untuk berbagai transaksi, seperti belanja di toko, pembayaran tagihan, dan transfer uang. Nasabah dapat menggunakan fitur ini dengan cara membuka aplikasi Bank Sultra Mobile, kemudian pilih menu Qris dan scan kode Qris yang tersedia.

Tentunya ungkap Abdul Latif, nasabah perlu terlebih dahulu meng-update aplikasi Mobile Banking Bank Sultra di Play Store maupun di App Store. Fitur Qris Bank Sultra juga memiliki beberapa keunggulan, antara lain mudah digunakan, aman, terjamin dan dapat digunakan dimana saja di seluruh Indonesia.

Abdul Latif berharap, dengan adanya fitur Qris ini, dapat meningkatkan transaksi digital di Sulawesi Tenggara dan mendorong masyarakat untuk beralih dari transaksi tunai ke transaksi nontunai.

"Kami ingin memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat dalam bertransaksi menggunakan Qris," pungkasnya.

Sementara itu Kepala Bank Indonesia Sulawesi Tenggara, Aryo Wibowo mengatakan, menyangkut Qris itu sudah disetujui Bank Indonesia pada 26 September 2023 dengan melalui proses yang sangat panjang.

"Itu melalui 2 otoritas pertama OJK baik regional maupun pusat, dari BI, Badan Sertifikasi, maupun dari independen IT," jelasnya.

Artinya lanjut Aryo Wibowo, mobile banking Qris Bank Sultra ini sudah layak secara risiko, pelayanan konsumen, sumber daya manusia, dan secara ketentuannya untuk digunakan.  

Baca Juga: Wabah El Nino, Berdampak pada Harga Sembako di Kota Kendari

Aryo Wibowo berharap mengenai Qris di Sulawesi Tenggara dapat terus berkembang dari jumlah transaksi sebagai media pembayaran nontunai.

Sementara itu Kepala OJK Sulawesi Tenggara Arjaya Dwi Raya menjelaskan, produk-produk dari industri perbankan dapat di perkenalkan kepada masyarakat, karena itu adalah garda terdepan untuk meningkatkan grade perekonomian di daerah Sulawesi Tenggara.

Lanjut Arjaya Dwi Raya, dengan adanya Qris Bank Sultra, diharapkan perluasan penggunaan Qris di Sulawesi Tenggara bisa tercapai. (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga