Bansos Karyawan Rp 600 Ribu Cair Akhir Agustus

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Kamis, 13 Agustus 2020
0 dilihat
Bansos Karyawan Rp 600 Ribu Cair Akhir Agustus
Bansos bagi karyawan bergaji di bawah 5 juta bakal segera cair di akhir Agustus 2020. Foto: Repro Google.com

" Bantuan subsidi gaji kemarin sudah konferensi pers, Insyaallah akhir bulan ini juga sama dengan bantuan produktif usaha mikro. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang juga Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Erick Thohir menerangkan, mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi pekerja dengan penghasilan di bawah Rp 5 juta dilakukan pada akhir Agustus 2020 ini.

Nantinya para pekerja tersebut akan mendapat bantuan senilai Rp 2,4 juta selama empat bulan atau Rp 600.000 perbulannya.

"Bantuan subsidi gaji kemarin sudah konferensi pers, Insyaallah akhir bulan ini juga sama dengan bantuan produktif usaha mikro," katanya Erick, dilansir dari Okezone.com, Rabu (12/8/2020).

Erick menyebut, skema pencairan akan dilakukan dalam dua tahap. Pertama, untuk gaji September dan Oktober akan dibayarkan pada Agustus tahun ini.

Sedangkan untuk gaji November dan Desember dibayarkan pada September mendatang.

Dia juga menambahkan, bantuan itu akan diberikan kepada 15,7 juta pekerja, bertambah dari sebelumnya yang sebesar 13,8 juta orang.

Untuk mengawal pendanaan program BLT tersebut, kata Erick, pemerintah akan bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) serta, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP).

Baca juga: Badan POM RI Kembangkan UMKM Obat Tradisional

"Tapi ini data dari BPJS Ketenagakerjaan yang masih menganut data Juni yang masih ada iurannya," kata dia.

Sebelumnya mantan pemilik klub sepakbola Inter Milan itu, mengatakan, ada 13,8 juta pekerja yang bakal mendapatkan bantuan ini. Datanya diambil dari BPJS Ketenagakerjaan.

Sedangkan kriterianya mereka bukan PNS, dan pekerja BUMN, memiliki iuran di bawah Rp150.000 perbulan. Total anggaran yang dipersiapkan pemerintah mencapai Rp 31,2 triliun.

Selain itu, bantuan ini untuk mendorong konsumsi masyarakat. Sehingga harapannya, ekonomi Indonesia cepat pulih di tengah pandemi COVID-19.

Menteri Keuangan Sri Mulyani juga mengatakan, bantuan ini diberikan agar pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal III-2020 bisa positif. Angka positif di kuartal ke-III penting untuk menghindari resesi teknikal.

Untuk kuartal II 2020 lalu, pertumbuhan ekonomi minus 5,32 persen alias terburuk sejak 1999. Di samping BLT ini, pemerintah juga menambah bantuan lain seperti bansos produktif untuk usaha mikro sampai perpanjangan bantuan bagi rakyat miskin hingga Desember 2020.

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga