Bantu Relokasi Korban Gempa di Jatim, Pemerintah Gelontorkan Dana Rp 1 Miliar

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Senin, 12 April 2021
0 dilihat
Bantu Relokasi Korban Gempa di Jatim, Pemerintah Gelontorkan Dana Rp 1 Miliar
Gubernur Khofifah di lokasi bencana. Foto: Ist.

" Bantuan Rp 1 miliar tersebut diperuntukkan sebagai biaya operasional untuk Dapur Umum Lapangan yang tersebar di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Pemprov Jatim telah bergerak cepat utamanya dalam penyaluran bantuan dan mengkoordinasikan dengan pihak terkait. Baik bersama Forkopimda Jawa Timur, Pemkab/Pemkot terdampak, BPBD, Tagana serta relawan lainnya. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, untuk relokasi korban bencana gempa di Kabupaten Malang dan sekitarnya, pemerintah lewat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelontorkan dana Rp 1 miliar.

“Bantuan Rp 1 miliar tersebut diperuntukkan sebagai biaya operasional untuk Dapur Umum Lapangan yang tersebar di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Pemprov Jatim telah bergerak cepat utamanya dalam penyaluran bantuan dan mengkoordinasikan dengan pihak terkait. Baik bersama Forkopimda Jawa Timur, Pemkab/Pemkot terdampak, BPBD, Tagana serta relawan lainnya,” tutur Gubernur Khofifah di Surabaya, Senin (12/4/2021).

Mantan Mensos ini mengatakan, tak hanya itu, guna mempercepat agar terhindar dari klaster pengungsi COVID-19 maka BNPB juga menyiapkan bantuan tunggu hunian sebesar 500 ribu rupiah per bulan per rumah tangga agar digunakan untuk sewa tempat tinggal sambil menunggu pembangunan rumah selesai.

Baca juga: Tiga Tahun, Sekda Muna Masih Dijabat Pj

Seperti diketahui, gempa bumi telah  mengguncang Kabupaten Malang, Lumajang dan Blitar dan beberapa daerah sekitar di wilayah Jawa Timur, pada Sabtu (10/4/2021) siang. BMKG memperbarui kekuatan gempa menjadi 6,1 magnitudo dari yang sebelumnya tercatat 6,7 magnitudo. BMKG memastikan gempa ini tak menimbulkan ancaman tsunami.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sabtu (10/4/2021) tercatat sebanyak 8 orang meninggal dunia, 1 orang luka berat, dan 22 orang luka ringan akibat bencana alam tersebut.

Gempa bumi itu juga mengakibatkan ratusan rumah, fasilitas kesehatan, sarana pendidikan, dan tempat ibadah mengalami kerusakan mulai dari kategori rusak ringan, rusak sedang maupun rusak berat. (B)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga