Banyak Bantuan yang Cair Bulan Ini, Mulai Rp 750.000 hingga Rp 1,8 Juta Bisa Diterima Sangat Mudah

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 03 Juni 2023
0 dilihat
Banyak Bantuan yang Cair Bulan Ini, Mulai Rp 750.000 hingga Rp 1,8 Juta Bisa Diterima Sangat Mudah
Ada beberapa BLT 2023 yang akan cair Juni 2023 ini. Salah satunya adalah BLT PKH. Untuk mendapatkannya juga terbilang cukup mudah. Foto: Ayobandung

" Ada beberapa bantuan langsung tunai (BLT) 2023 yang akan cair Juni 2023 ini. Salah satunya adalah BLT PKH. Untuk mendapatkannya juga terbilang cukup mudah "

KENDARI, TELISIK.ID - Ada beberapa bantuan langsung tunai (BLT) 2023 yang akan cair Juni 2023 ini. Salah satunya adalah BLT PKH. Untuk mendapatkannya juga terbilang cukup mudah.

Untuk Juni ini ada 6 BLT yang dicarikan. Berikut Telisik.id merangkumnya:

1. BLT PKH

Melansir Intisari.gri.id, BLT PKH sendiri terdiri atas beberapa komponen. Dari BLT khusus untuk ibu hamil hingga BLT khusus manula dan penyandang disabalitas.

Nominalnya juga variatif, dari Rp 225 ribu sekali cair hingga Rp 750 ribu. Bantuan ini diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Baca Juga: Sulawesi Tenggara Kirim 100 Kontingen Porprov Korpri 2023 di Semarang

Ada tujuh kategori penerima PKH, yaitu ibu hamil, balita, anak sekolah, lansia, penyandang disabilitas, keluarga miskin, dan keluarga rentan. Nominal bantuan bervariasi dari Rp 225 ribu sampai Rp 750 ribu per bulan.

Cara mengurusnya adalah dengan mengecek status penerima di situs cekbansos.kemensos.go.id dan mengambil bantuan di kantor pos atau bank Himbara terdekat.

2. BLT Ketenagakerjaan

Bantuan ini diberikan kepada pekerja formal dan informal yang terdampak COVID-19. Nominal bantuan adalah Rp 400 ribu per bulan.

Cara mengurusnya adalah dengan mendaftar di situs prakerja.go.id dan mengisi data diri serta nomor rekening bank Himbara atau bank lain yang bekerja sama dengan Kemnaker.

3. BLT UMKM

Bantuan ini diberikan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terdampak COVID-19. Nominal bantuan adalah Rp 1,2 juta per UMKM. Cara mengurusnya adalah dengan mendaftar di situs eform.bri.co.id/bpum atau menghubungi dinas koperasi dan UMKM setempat.

4. BLT Bansos Tunai

Bantuan ini diberikan kepada keluarga yang tidak masuk dalam DTKS. Nominal bantuan adalah Rp 300 ribu per bulan. Cara mengurusnya adalah dengan mengecek status penerima di situs cekbansos.kemensos.go.id dan mengambil bantuan di kantor pos atau bank Himbara terdekat.

Baca Juga: Warga Kampung Baru Kota Kendari Berburu Kerang Saat Laut Surut

5. BLT Guru Honorer

Melansir data Kemendikbud, bantuan ini diberikan kepada guru honorer. Nominal bantuan adalah Rp 1,8 juta per guru. Cara mengurusnya adalah dengan mendaftar di situs sim.gtk.kemdikbud.go.id dan mengisi data diri serta nomor rekening bank Himbara atau bank lain yang bekerja sama dengan Kemdikbud.

6. BLT Mahasiswa

Nominal bantuan adalah Rp 600 ribu per mahasiswa. Cara mengurusnya adalah dengan mendaftar di situs beasiswa.kemdikbud.go.id dan mengisi data diri serta nomor rekening bank Himbara atau bank lain yang bekerja sama dengan Kemdikbud. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga