Bapak Kos Viral Makan Daging Kucing Obat Diabetes, Diobservasi Kejiwaannya

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Jumat, 09 Agustus 2024
0 dilihat
Bapak Kos Viral Makan Daging Kucing Obat Diabetes, Diobservasi Kejiwaannya
Polisi mendatangi lokasi bapak kos makan kucing di Gunungpati, Semarang. Foto: Repro tribunnews.com

" Kanit Tipidter Satreskrim Polrestabes Semarang, AKP Johan Widodo, akan melakukan observasi kejiwaan terhadap Nur Yanto yang mengonsumsi daging kucing "

SEMARANG, TELISIK.ID - Seorang bapak kos bernama Nur Yanto (62) viral setelah diketahui memakan daging kucing. Kasus ini tengah menjadi sorotan publik. Ia tinggal di kawasan Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah, dilaporkan mengonsumsi daging kucing untuk pengobatan penyakit diabetes yang dideritanya.

Kanit Tipidter Satreskrim Polrestabes Semarang, AKP Johan Widodo, mengungkapkan bahwa pihaknya akan melakukan observasi kejiwaan terhadap Nur Yanto. Observasi ini dilakukan untuk memastikan apakah pelaku mengalami gangguan jiwa yang mempengaruhi tindakannya.

Johan menyebutkan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Peternakan dan Dinas Kesehatan Kota Semarang untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kasus ini, seperti dilansir dari berisatu.com, Jumat (9/8/2024).

Lebih lanjut, Johan menjelaskan modus operandi Nur Yanto dalam mendapatkan daging kucing. Pelaku dilaporkan memukul kepala kucing dengan bagian punggung celurit sebelum membakarnya untuk menghilangkan bulu. Setelah itu, kucing dipotong dan dimasak sebelum dikonsumsi. Nur Yanto sudah mengonsumsi daging kucing selama lebih dari tiga tahun, dengan estimasi sebanyak sepuluh ekor kucing.

Motif di balik tindakan tersebut adalah alasan kesehatan. Nur Yanto mengklaim bahwa daging kucing bebas kalori dan kadar gulanya rendah, yang dianggapnya cocok untuk penderita diabetes.

Baca Juga: Viral, Seorang Bapak Kos Ngaku Sepuluh Kali Makan Kucing untuk Obat Diabetes

Hal ini menjadi alasan utama mengapa pelaku memilih daging kucing sebagai konsumsi hariannya. Namun, tindakan tersebut jelas melanggar hukum dan dianggap tidak wajar oleh banyak pihak.

Sebelumnya diberitakan Telisik.id, kasus ini terungkap setelah seorang mahasiswa yang tinggal di kosan Nur Yanto memergoki tindakan abnormal tersebut. Mahasiswa tersebut merekam dan mengunggah video yang menunjukkan Nur Yanto sedang makan daging kucing dengan sepiring nasi.

Baca Juga: Korban Tenggelam di Sungai Alenggo Konawe Utara Ditemukan Setelah Empat Hari Pencarian

Video tersebut viral di media sosial, terutama di TikTok, dengan judul "Grebek Bpk Kost Pas Makan Kucing!" Unggahan ini mendapat reaksi keras dari netizen yang merasa terkejut dan prihatin dengan kejadian tersebut.

Pemilik akun @tigasatu, yang juga merupakan salah satu penghuni kos, merasa geram dengan tindakan Nur Yanto. Akun tersebut menuliskan keterangan yang mengungkapkan rasa jijik dan marah terhadap tindakan bapak kos yang dinilai tidak manusiawi.

Dalam video berdurasi 2 menit 1 detik, tampak bagaimana mahasiswa tersebut menyaksikan dan merekam aksi bapak kos yang sedang menikmati daging kucing. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga