Baru 1.525 Nakes di Kolaka Divaksin COVID-19, Sisanya Target Sebelum Lebaran

Muh. Sabil, telisik indonesia
Senin, 26 April 2021
0 dilihat
Baru 1.525 Nakes di Kolaka Divaksin COVID-19, Sisanya Target Sebelum Lebaran
Ilustrasi vaksinasi COVID-19. Foto: Repro google.com

" Iya, jadi tahapan vaksin di Kolaka itu pertama dilakukan pada seluruh pejabat publik, setelah itu baru semua SDMK "

KOLAKA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka melalui Dinas Kesehatan telah menuntaskan vaksinasi COVID-19 kepada beberapa Tenaga Kesehatan (Nakes).

Pencanangan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Kolaka, telah dimulai sejak 2 Februari 2021 hingga kini.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kolaka, Hj Asmira menuturkan, untuk tahap pertama pemberian vaksinasi, terlebih dahulu diawali kepada pejabat publik, di antaranya Bupati, anggota DPRD, Kadis se-Kabupaten Kolaka, pejabat Kementerian Agama (Kemenag), Kapolres Kolaka, dan Dandim.

Setelah vaksinasi seluruh pejabat publik tuntas, maka vaksin untuk tahap kedua, diperuntukkan bagi seluruh petugas kesehatan atau sumber daya manusia kesehatan (SDMK). Dimana, untuk proses vaksinasinya sendiri dilakukan di setiap Puskesmas yang ada di Kolaka.

"Iya, jadi tahapan vaksin di Kolaka itu pertama dilakukan pada seluruh pejabat publik, setelah itu baru semua SDMK," jelas Asmira kepada Telisik.id, Senin (26/4/2021).

"Untuk vaksin semua Nakes itu dilakukan di setiap masing-masing Puskemas Kolaka," tambahnya.

Lebih lanjut, kata Asmira, tahap ketiga dari vaksinasi selanjutnya diberikan kepada seluruh tokoh-tokoh agama, di antaranya tokoh agama Islam, kristen, dan hindu. Lalu, masyarakat umum, guru di sekolah, termasuk di dalamnya para lansia, dan terakhir adalah calon jama'ah haji (CJH) Kemenag Kabupaten Kolaka tahun 2021.

Juru bicara (Jubir) vaksin COVID-19, dr. Azis Amin saat dihubungi Telisik.id melalui telepon seluler mengungkapkan, berdasarkan hasil laporan harian vaksinasi Kabupaten Kolaka sampai pada hari Minggu per tanggal 25 April 2021, terdapat sekira 1.525 SDMK telah melakukan vaksinasi.

"Iya, untuk SDMK atau nakes ada 1.525 sudah divaksin," terangnya.

Baca Juga: THR ASN Pemkot Kendari Tunggu Transfer Dana Pusat

Pada tahun 2021, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) setidaknya menyediakan sekira 4.416 dosis vaksin COVID-19 bagi SDMK Kolaka, dari jumlah tersebut baru sekira 1.525 SDMK yang menerima vaksinasi. Dengan kata lain, masih ada 2.891 SDMK yang belum memperoleh vaksin.

"Dosis vaksin ada 4.416 yang diberikan Dinas Kesehatan Sultra untuk SDMK di Kolaka, yang divaksinasi baru 1.525 orang, jadi total masih ada 2.891 nakes belum menerima vaksin", tandasnya.

Hal serupa dikemukakan Humas Dinkes Kolaka, Nasruddin, SKM.,M.Ph, bahwa saat ini jumlah SDMK (nakes) yang sudah menerima vaksin covid baru 1.525 orang berdasarkan data yang ada di Dinas Kesehatan.

"Ya, berdasarkan data sampai hari Minggu, 25 April 2021, sudah ada kurang lebih 1.525 nakes yang divaksinasi, dan masih ada beberapa nakes lain yang masih akan divaksin", ungkap Nasruddin.

Sebelumnya, Azis Amin menjelaskan total SDMK yang telah menerima vaksin saat ini, merupakan data penerima sementara, karena sebagian nakes masih proses menunggu vaksinasi dan ditargetkan tuntas sebelum jelang lebaran Idul Fitri 2021.

"Ya, targetnya semua SDMK, semua nakes selesai divaksin sebelum Idul Fitri," tandasnya. (A)

Reporter: Muh. Sabil

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga