Baru Saja Gelar Asesmen, Pj Wali Kota Kendari Berganti, Asmawa Tosepu Batal Melantik

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 27 Desember 2023
0 dilihat
Baru Saja Gelar Asesmen, Pj Wali Kota Kendari Berganti, Asmawa Tosepu Batal Melantik
Asmawa Tosepu menyebut hasil asesmen sudah ada, nantinya akan diumumkan. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Sebelumnya, Asmawa Tosepu melakukan asesmen untuk mengisi beberapa jabatan eselon II yang kosong dan masih dijabat oleh Plt "

KENDARI, TELISIK.ID - Pj Wali Kota Kendari resmi berganti. Asmawa Tosepu Rabu (27/12/2023) hari ini mengumpulkan ASN lingkup Kota Kendari untuk berpamitan, dalam apel gabungan yang digelar di Lapangan Kantor Balaikota Kendari, pukul 07.20 Wita.

Pemberhentian Asmawa Tosepu sebagai Pj Wali Kota Kendari, terbilang mendadak mengingat masa jabatannya baru saja diperpanjang 9 Oktober 2023 lalu.

Saat diwawancarai oleh awak media, Asmawa Tosepu pamit dan bersalaman dengan Kepala OPD hingga staf. Ia juga meminta maaf jika selama menjabat memiliki banyak kesalahan dan kekurangan.

"Terutama ada ekspektasi selama bertugas di Kota Kendari ini, maka apabila masih dirasa kurang atau belum maksimal, maka saya dengan setulus hati memohon maaf yang sebesar-besarnya," tuturnya saat ditemui di Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara, Rabu (27/12/2023).

Mengenai asesmen yang baru saja digelar, ia menyebut, pihaknya telah memegang hasilnya. Sebelumnya, Asmawa Tosepu melakukan asesmen untuk mengisi beberapa jabatan eselon II yang kosong dan masih dijabat oleh Plt.

Baca Juga: Diparkir Bahri, Kini La Ode Butolo jadi Pj Bupati Muna Barat

"Hari ini faktanya ada lima jabatan eselon II yang masih kosong, dan kemarin sudah diumumkan nama-nama tiga besar hasil asesmen dan sudah dilaporkan ke pemerintah pusat," bebernya.

Sebelum berpamitan, Asmawa sempat melakukan upacara yang digelar di Kantor Balaikota Kendari disambung dengan mengikuti kegiatan pelantikan Pj Bupati Muna Barat dan Pj Wali Kota Kendari.

Baca Juga: Pj Bupati Muna Barat dan Pj Wali Kota Kendari Resmi Dilantik, Andap Minta Segera Susun Daftar Inventarisasi Masalah

Sementara itu, Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto menuturkan adanya dinamika dalam pelaksanaan tugas sehingga mengingatkan kepada dua pejabat yang baru saja dilantik untuk mengakhiri anggaran dengan baik.

"Nantinya tanya kepada penjabat yang lama apa saja di dalam pertanggungjawaban keuangan, diselesaikan dengan baik secara transparan, akuntabel dan profesional," kata Andap Budhi Revianto.

Sebelumnya, Telisik.id sudah menghubungi Kepala BPKSDM Kota Kendari, namun yang bersangkutan tak berada di tempat, demikian juga dengan sekretaris BKPSDM. (A

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga