Basarnas Tingkatkan Kemampuan Penyelamatan di Permukaan Laut

Eni Eka Wisda, telisik indonesia
Senin, 15 Maret 2021
0 dilihat
Basarnas Tingkatkan Kemampuan Penyelamatan di Permukaan Laut
Ilustrasi kecelakaan di laut. Foto: Repro Kompas.com

" Kami memilih pelatihan di permukaan air, karena Sulawesi Tenggara terutama di Kota Kendari lebih dominan perairan, dan kalau di darat banyak yang bisa dilibatkan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kantor Search and Rescue (SAR) Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra), berupaya meningkatkan kemampuan skill atau kemampuan personelnya dalam melakukan operasi permukaan laut.

Kepala Kantor SAR Kendari, Aris Sofingi mengatakan, untuk meningkatkan kesiapan dari rescue dan potensi SAR apabila terjadi kecelakaan di laut, dilakukan pelatihan penyelamatan bawah laut.

"Kami memilih pelatihan di permukaan air, karena Sulawesi Tenggara terutama di Kota Kendari lebih dominan perairan, dan kalau di darat  banyak yang bisa dilibatkan," ujarnya saat ditemui awak media di salah satu hotel di Kendari, Senin (15/3/2021).

Baca juga: Vaksin AstraZeneca, Pemkot Kendari Tunggu Pemerintah Pusat

Ia menjelaskan, pelatihan di darat juga penting, tetapi pelatihan di permukaan air sangat susah dan kurang orang yang bisa terlibat.

"Rescue SAR ini kita pusatkan di laut Toronipa, dan untuk materinya kita lakukan di hotel, tujuannya memberikan pengetahuan dan keterampilan di wilayah kerja Kantor SAR Kendari sehingga operasi SAR dilakukan oleh personel-personel yang memiliki kemampuan,” kata Aris Sofingi.

Ia juga mengungkapkan, kegiatan yang dilakukan selama empat hari ini dihadiri 50 peserta dari TNI, Polri, intansi pemerintah, swasta, organisasi masyarakat, serta mahasiswa.

"Saya berharap agar Basarnas dapat memasyarakatkan SAR khususnya di Kota Kendari umumnya di Sultra, sebagaimana dalam Undang-Undang Nomor 29 tahun 2014," jelasnya. (B)

Reporte: Eni Eka Wisda

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga