Baterai HP Tidak Bertambah, Jangan Panik Lakukan 5 Tips Ini

Merdiyanto , telisik indonesia
Selasa, 09 April 2024
0 dilihat
Baterai HP Tidak Bertambah, Jangan Panik Lakukan 5 Tips Ini
Baterai HP tidak bertambah akibat konektor kotor: Foto: Repro Halosmi

" Jika HP telisikcare tidak mengisi dengan benar saat dicas, jangan terburu-buru untuk mengganti cas kabel dan pengisi daya "

KENDARI, TELISIK.ID - Jika HP telisikcare tidak mengisi dengan benar saat dicas, jangan terburu-buru untuk mengganti cas kabel dan pengisi daya.

Seharusnya daya HP akan bertambah saat terhubung dengan perangkat cas. Namun ada kondisi dimana daya baterai HP tidak bertambah saat dicas.

Banyak masalah pengisian daya yang dapat diselesaikan dalam hitungan menit dengan memeriksa ponsel, kabel cas, adaptor cas, sumber pengisian daya dan sebagainya.

Dikutip dari Suara.com jaringan Telisik.id dan Nova.grid.id, berikut ini beberapa tips yang bisa telisikcare lakukan jika mengatasi HP dicas tidak bertambah:

Baca Juga: 6 Pilihan Terapi untuk Anak Korban Bullying

1. Periksa sumber listrik

Sebelum Telisikcare mulai mengutak-atik perangkat iPhone atau Android, cobalah periksa sumber listrik. Apakah pengisi daya ponsel dapat mengalirkan daya karena ada beberapa adaptor tidak memberikan energi yang cukup untuk memberi daya pada ponsel.

Selain itu, bisa memeriksa port pengisi daya satu per satu. Coba sambungkan perangkat ke port lain dan pastikan tidak ada perangkat lain yang tersambung.

Jika ponsel Telisikcare masih tidak dapat mengisi daya, masalah pengisian daya disebabkan oleh pengisi daya yang rusak. Cara mudah untuk memeriksa apakah masalahnya berasal dari adaptor adalah dengan menyambungkan ponsel ke port USB-C di laptop atau komputer desktop.

Jika ponsel mulai mengisi daya, maka pengguna harus mengganti pengisi dayanya.

2. Mulai ulang perangkat

Sebagian besar ponsel memiliki screensaver yang menunjukkan persentase pengisian daya ponsel saat dimatikan. Matikan HP dan colokkan pengisi daya untuk melihat apakah baterai terisi.

Jika baterai terisi saat perangkat mati, namun berhenti saat pengguna menghidupkannya, mulai ulang baterai dalam mode aman untuk menyingkirkan aplikasi apa pun yang mungkin menyebabkan masalah. Hal ini biasanya dilakukan dengan menekan tombol power dan tombol volume atas atau bawah secara bersamaan.

Jika mode aman menyelesaikan masalah, lakukan pembaruan perangkat lunak atau identifikasi aplikasi yang menyebabkan masalah dan hapus instalannya.

3. Bersihkan konektor

HP Telisikcare menolak untuk mengisi daya karena ada serat, debu, atau kotoran yang menumpuk. Ketukkan port USB secara perlahan sambil memegang ponsel secara vertikal untuk melepaskan segala penumpukan dari konektor.

Kemudian, bersihkan port dengan sikat lembut, tusuk gigi, atau udara bertekanan. Hindari menusukkan benda tajam ke port pengisian daya, karena dapat merusak konektor.

4. Hentikan menjalankan aplikasi berat

Cara lain mengatasi HP dicas tidak bertambah adalah menghentikan aplikasi berat yang berjalan. Saat memainkan aplikasi berat seperti game online 3D, temperatur HP akan naik akibatnya hardware akan bekerja keras.

Baca Juga: 8 Tips Atasi Mabuk Perjalanan yang Perlu Dicoba

Suhu HP bisa menjadi lebih panas. Apabila suhu HP dalam kondisi panas, maka fitur-fitur tertentu bakal dimatikan secara otomatis, termasuk pengisian daya.

5. Jangan gulung kabel cas

Penyebab baterai HP tidak terisi saat dicas bisa ditimbulkan dari kabel cas yang sudah rusak akibat digulung-gulung. Kabel cas yang sering di gulung lambat laun akan merusak komponen didalamnya.

Jika terdapat kerusakan komponen, kabel tidak bisa menghantarkan daya dengan normal dan HP tidak bisa mengisi dengan benar.

Itulah beberapa tips yang bisa pengguna lakukan jika baterai HP tidak mau terisi. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga