Baubau Persembahkan 2 Liter Tanah untuk Ibu Kota Baru RI, Diambil dengan Ritual Adat

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Sabtu, 12 Maret 2022
0 dilihat
Baubau Persembahkan 2 Liter Tanah untuk Ibu Kota Baru RI, Diambil dengan Ritual Adat
Ritual adat pengambilan dua liter tanah di dekat makam Sultan Murhum Benteng Keraton Buton untuk dipersembahkan ke ibu kota baru RI. Foto: Ist.

" Dua liter tanah yang diambil di dekat makam Sultan Murhum Benteng Keraton Buton, Kota Baubau, dipilih Gubernur Sulawesi Tenggara, H. Ali Mazi SH, untuk dipersembahkan ke Penajam Paser Utara "

BAUBAU, TELISIK.ID - Dua liter tanah yang diambil di dekat makam Sultan Murhum Benteng Keraton Buton, Kota Baubau, dipilih  Gubernur Sulawesi Tenggara, H. Ali Mazi SH, untuk dipersembahkan ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Hal tersebut sesuai instruksi presiden agar setiap gubernur se-Indonesia menyiapkan 2 liter tanah dan 2 liter air yang akan dipersembahkan untuk Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara.

Mewakili tanah di jazirah Sulawesi Tenggara, kemudian diadakanlah ritual sakral pengambilan tanah oleh Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, Sara Kidhina Masjid Agung Keraton Buton Serta beberapa kepala dinas lingkup Kota Baubau.

Nampak dalam ritual adat tersebut, pengambilan tanah dilakukan melalui sebuah ritual upacara adat yang kemudian tanah tersebut dikemas di sebuah wadah khusus dari rotan yang dibungkus kain putih.

Wali Kota Baubau Laode Ahmad Monianse mengatakan bahwa  alasan tanah Benteng Keraton Buton dipilih karena tanah kawasan Benteng Keraton diyakini diberkati.

Baca Juga: Simak Sejarah Panjang Wayang di Indonesia, Jenis dan Fungsinya

"Kami tidak hanya asal mengambil tanahnya saja, hal tersebut diawali dengan ritual adat yang berlaku di Buton," jelas  Laode Ahmad Monianse, Jumat (11/3/2022).

Baca Juga: Deretan Suku Indonesia Bermata Biru Seperti Orang Eropa, Ada dari Sultra

"Pengambilan tanah itu juga sebagai bentuk dukungan Pemkot Baubau, tokoh adat keraton, maupun masyarakat Buton untuk kejayaan Indonesia di ibu kota baru,” lanjutnya.

Selain tanah, akan ada juga air sebanyak dua liter yang akan diambil di Konawe yang kemudian akan diserahkan kepada Gubernur Ali Mazi.

Dan kemudian 2 liter tanah dari Buton dan 2 liter air dari Konawe tersebut akan dibawa  bersama gubernur seluruh Indonesia untuk menghadiri pertemuan bersama Presiden Jokowi. (C)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga