Bawaslu Identifikasi Pengusaha Berikan Modal ke Cakada

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 25 Desember 2019
0 dilihat
Bawaslu Identifikasi Pengusaha Berikan Modal ke Cakada
Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Potensi para pengusaha itu juga besar, mereka menggerakkan uangnya untuk memberikan dukungan pada calonnya. Para pengusaha ini membantu incambent, tapi mereka juga lihat mana yang berpotensi menang. "

KENDARI, TELISIK.ID - Bentuk kecurangan money politics yang terjadi pada setiap pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) dipengaruhi oleh adanya pengusaha yang menanamkan investasi politiknya kepada para Bakal Calon Kepala Daerah (Cakada).

Hal tersebut diungkapkan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sultra, Hamiruddin Udu, kepada awak media usai melantik ratusan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Senin (23/12/2019).

Menurutnya, pengusaha tersebut diperkirakan membantu mendanai kampanye sang calon dalam jumlah cukup besar, khususnya calon incumbent yang kembali maju untuk periode kedua.

Hanya saja, kata dia, para pengusaha ini juga melihat mana calon yang berpotensi menang, baik itu calon incumbent maupun yang baru mencalonkan.

Pasalnya, kata dia, posisi kepala daerah sangat mempengaruhi izin dan pengembangan usaha mereka dalam menjalankan proyek-proyeknya.

"Potensi para pengusaha itu juga besar, mereka menggerakkan uangnya untuk memberikan dukungan pada calonnya. Para pengusaha ini membantu incambent, tapi mereka juga lihat mana yang berpotensi menang," katanya.

Baca Juga: Harmonisasi Gereja dan Masjid yang Berhimpit di Kota Kendari

Sementara itu, daerah pelaksana pilkada 2020 yang berpotensi banyak pengusaha yang terlibat yaitu di daerah yang memiliki potensi pertambangan, seperti Konawe Utara (Konut), Konawe Selatan (Konsel), Kolaka Timur (Koltim) dan sebagainya.

"Siapa yang membackup para Cakada ini juga yang harus dilihat dan kita akan identifikasi," lanjutnya.

Reporter: Fitrah Nugraha
Editor: Rani

Baca Juga