Bawaslu Segera Plenokan Hasil Penelusuran Video Pj Bupati Muna Barat

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 15 November 2023
0 dilihat
Bawaslu Segera Plenokan Hasil Penelusuran Video Pj Bupati Muna Barat
Ketua Bawaslu Muna Barat, Awaludin Usa segera memplenokan hasil penelusuran video viral Pj Bupati Muna Barat, Bahri. Foto: Ist.

" Bawaslu Muna Barat bergerak cepat menindaklanjuti video viral Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri yang diduga mengkampanyekan calon anggota DPD RI, La Ode Umar Bonte dan Calon Presiden (Capres), Ganjar Pranowo "

MUNA, TELISIK.ID - Bawaslu Muna Barat bergerak cepat menindaklanjuti video viral Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri yang diduga mengkampanyekan calon anggota DPD RI, La Ode Umar Bonte dan Calon Presiden (Capres), Ganjar Pranowo.

Tim yang dibentuk Bawaslu sudah dua hari melakukan penelusuran, terhadap video Bahri yang menyebut pro Ganjar di hadapan masyarakat di pelataran pelabuhan Feri Tondasi.

Ketua Bawaslu Muna Barat, Awaluddin Usa mengatakan, dalam penelusuran itu, pihaknya telah mengambil keterangan orang-orang yang berada di sekitar lokasi. Antara lain Camat Tiworo Utara, Asri, Kepala Desa (Kades) Tondasi dan beberapa masyarakat.

Dari hasil penelusuran itu, selanjutnya akan diplenokan kemudian dituangkan dalam formulir model A.

Baca Juga: Angka Kemiskinan di Muna Barat Turun

"Kita masih rampungkan hasil penelusuran. Insya Allah, satu atau dua hari ini kita plenokan," kata Awaluddin, Rabu (15/11/2023).

Dalam penelusuran itu, Bawaslu akan juga memintai keterangan Pj Bupati, Bahri dan La Ode Umar Bonte. Nah, hasilnya, akan kita tuangkan dalam formulir model A yang kemudian akan diplenokan.

Mantan Ketua KPU Muna Barat itu menegaskan, dalam menangani vidoe Pj bupati itu, akan profesional dan terbuka. Karenanya, ia berharap bila ada masyarakat yang mengetahui kejadian itu, bisa memberi keterangan di Bawaslu.

Sementara itu, Pj Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, akan memberikan klarifikasinya bila di panggil Bawaslu.

"Saya siap berikan keterangan terhadap video itu," tegasnya.

Direktur Perencanaan Keuangan Daerah, Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) itu menepis tudingan itu telah mengampanyekan Capres, Ganjar Pranowo. Ia sama sekali tidak pernah menyebut nama Ganjar Pranowo dalam sambutannya. Pro Ganjar yang dia maksud dalam video itu adalah gerakan nasional jaringan nusantara (Ganjar) yang saat itu Ketua Umumnya, La Ode Umar Bonte hadir di tengah-tengah masyarakat.

"Saya tidak mengampanyekan atau menyebut nama Ganjar Pranowo. Jadi, bila saya disebut mengampanyekan, itu hanya dipelintir di media," kata Bahri.

Baca Juga: Belum Masuk Kampanye Baliho Caleg di Muna Barat Ditertibkan

Ia menerangkan, kejadian dalam video yang sudah diedit itu akhir Juli lalu pada kegiatan hiburan rakyat di pelataran pelabuhan Feri Tondasi. Di situ, La Ode Umar Bonte selaku Ketua Umum Pro Ganjar sekaligus Ketua DPP KNPI hadir.

Ia memperkenalkan ke masyarakat bahwa Umar Bonte ini Ketua Pro Ganjar. Kemudian, juga saat itu, belum ada tahapan kampanye dan penetapan capres.

"Pro Ganjar yang saya sebut tidak ada kaitannya dengan Capres, Ganjar Pranowo," tegasnya.

Sebagai ASN, ia berkomitmen terus menjaga netralitas. Termasuk para bawahannya, hampir setiap hari diwanti-wanti agar tidak terlibat dalam politik praktis.

"Posisi saya sebagai ASN yang dilarang keras terlibat dalam politik," tegasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga