Beberapa Makanan ini Harus Dihindari saat Cuaca Panas, Nomor 7 Banyak Dikonsumsi

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 18 Oktober 2023
0 dilihat
Beberapa Makanan ini Harus Dihindari saat Cuaca Panas, Nomor 7 Banyak Dikonsumsi
Hindari mengkonsumsi es krim saat cuaca panas, karena dapat menaikkan suhu inti tubuh Foto: Repro Indonesia.suara.com

" Saat cuaca meningkat, ada sejumlah makanan dan minuman yang dapat memicu masalah kesehatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Cuaca panas ekstrem ternyata berdampak pada kesehatan tubuh. Selain faktor lingkungan, mengatur pola makan sehat saat cuaca panas ekstrem berguna untuk menjaga kesehatan. Selain itu, juga dianjurkan untuk banyak mengonsumsi air putih agar terhindar dari dehidrasi.

Namun, saat cuaca meningkat, ada sejumlah makanan dan minuman yang dapat memicu masalah kesehatan. Melansir dari Indonesia.suara.com dan Jawapos.com, berikut makanan yang harus dihindari saat cuaca panas.

1. Makanan pedas

Makanan pedas sebaiknya dihindari pada saat cuaca ekstrem seperti ini. Pasalnya, makanan pedas mengandung capsaicin. Kandungan tersebut memicu suhu tubuh meningkat sehingga dapat membuat keringat berlebih yang bisa menyebabkan dehidrasi.

2. Makanan berminyak

Baca Juga: 3 Jenis Beras Tak Bikin Gula Darah Naik, Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Tak hanya saat musim panas melanda, mengonsumsi makanan dengan minyak berlebih seperti gorengan memang tidak dianjurkan. Terlebih saat cuaca panas, gorengan bisa memicu dehidrasi.

3. Daging

Ternyata sumber protein hewani satu ini juga bisa menyebabkan dehidrasi jika dikonsumsi saat cuaca panas.

4. Mangga

Buah mangga masuk dalam daftar makanan yang harus dihindari saat cuaca panas. Pasalnya, buah ini mengandung diuretik alami dan bisa mengeluarkan air dari tubuh sehingga bisa menyebabkan dehidrasi.

5. Minuman berkafein

Mengonsumsi minuman berkafein seperti teh dan kopi saat kemarau ekstrem tidak dianjurkan. Hal itu karena teh dan kopi juga mengandung diuretik yang bisa meningkatkan produksi urin sehingga memicu dehidrasi.

Baca Juga: Makanan Sehari-hari yang Mengandung Lemak Trans

6. Es krim

Menikmati es krim saat cuaca panas memang menyegarkan. Akan tetapi, hal ini perlu dihindari karena tubuh akan memberikan kompensasi berlebihan terhadap pendinginan cepat yang dipicu oleh konsumsi es krim sehingga menaikkan suhu inti tubuh. Hal itu justru membuat suhu tubuh menjadi lebih panas.

7. Alkohol

Mengonsumsi alkohol bisa menghilangkan air dalam tubuh dan meningkatkan produksi urine. Setelah meminum alkohol biasanya air kencing akan berwarna lebih gelap sebagai tanda dehidrasi. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga