Begini 6 Cara Sederhana Cegah COVID-19 Varian Omicron

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 07 Januari 2022
0 dilihat
Begini 6 Cara Sederhana Cegah COVID-19 Varian Omicron
Ilustrasi seseorang terserang virus. Foto: Repro Terkini.id

" Kementerian Kesehatan mengumumkan varian Omicron telah masuk ke Indonesia. Varian ini memiliki mutasi yang lebih tinggi dibandingkan varian virus corona lainnya "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan varian Omicron telah masuk ke Indonesia.

Varian ini memiliki mutasi yang lebih tinggi dibandingkan varian virus corona lainnya. Agar tak tertular varian Omicron, dapat dilakukan dengan sejumlah cara sederhana pencegahan.

Varian Omicron pertama kali ditemukan di Afrika Selatan. Dokter di Afrika Selatan menyebut orang yang terinfeksi varian Omicron memiliki gejala berupa kelelahan.

Berikut ini cara pencegahan agar tidak terinfeksi COVID-19 varian Omicron dilansir dari berbagai sumber:

1. Menjaga jarak dengan orang lain

Saat berada di luar rumah, hindari keramaian dan selalu terapkan social distancing untuk mencegah penularan.

2. Membuka jendela atau ventilasi untuk berganti udara

Direktur Departemen Masyarakat dan Lingkungan World Health Organization (WHO) dr Maria Neira mengatakan ventilasi alami dalam hal ini misalnya dengan membuka jendela atau pintu ruangan.

Baca Juga: Yuk, Kenali Fungsi Gigi Berdasarkan Jenisnya

“Jadi, sesuatu yang sederhana seperti ventilasi alami berarti membuka pintu, membuka jendela, dapat memberikan jenis pembaruan udara sehat yang ingin kita hirup,” ujar Maria dilansir Merdeka.com.

3. Selalu memakai masker

Dilansir Cnnindonesia.com, menggunakan masker dengan benar. Pastikan masker benar-benar menutup mulut dan hidung. Ganti masker setiap empat jam atau saat sudah basah. Masker N95 merupakan pilihan terbaik. Namun, masker medis, dan masker dua lapis juga bisa mencegah penularan dengan efektif.

4. Mencuci tangan dengan bersih

Virus akan mati saat digosok dengan sabun dan air mengalir. Selalu ingat untuk cuci tangan kapan saja dan di mana saja. Hand sanitizer dengan kandungan alkohol bisa menjadi alternatif saat tak ada air dan sabun.

Baca Juga: Segera Atasi, Ini 5 Gangguan Umum yang Muncul saat Depresi

5. Jangan batuk atau bersin sembarangan

Dilansir Liputan6.com, kalau Anda sedang sakit flu, pilek atau batuk dan berada di tempat umum, sangat penting menjaga etika agar tidak jadi ‘agen penyebar’ virus varian omicorn maupun virus penyebab penyakit lainnya. Caranya bisa menutup mulut atau dengan menggunakan sapu tangan.

6. Melakukan vaksinasi COVID-19 dengan lengkap hingga dosis 2

Segera dapatkan vaksin COVID-19 untuk memberikan proteksi diri terhadap virus corona. Vaksin telah terbukti aman dan efektif untuk mengurangi penularan dan gejala COVID-19. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga