Begini Cara Bersihkan Minyak Goreng Bekas Agar Bisa Dipakai Kembali

Apriliana Suriyanti, telisik indonesia
Selasa, 22 Februari 2022
0 dilihat
Begini Cara Bersihkan Minyak Goreng Bekas Agar Bisa Dipakai Kembali
Minyak goreng bekas bisa dipakai kembali setelah dibersihkan. Foto: Repro Detik.com

" Agar lebih hemat, ada beberapa cara untuk membersihkan minyak goreng bekas agar bisa dipakai satu hingga dua kali lagi "

KENDARI, TELISIK.ID - Minyak goreng merupakan bahan pangan yang wajib ada di dapur sebab kegunaannya untuk mematangkan bahan makanan mentah.

Kalau Anda memiliki minyak goreng bekas di rumah, jangan buru-buru untuk dibuang Bunda. Agar lebih hemat, ada beberapa cara untuk membersihkan minyak goreng bekas agar bisa dipakai satu hingga dua kali lagi.

Cara ini bisa dilakukan dengan bahan-bahan yang mudah didapat, bahkan mungkin ada di dapur Anda.

Berikut Telisik.id merangkum cara membersihkan minyak goreng bekas agar lebih hemat.

1. Menggunakan Arang Kayu

Mengutip food.detik.com, cara pertama menjernihkan minyak goreng bekas adalah dengan menggunakan serbuk arang kayu.

Haluskan arang kayu terlebih dahulu hingga menjadi serbuk, lalu masukkan ke dalam minyak goreng. Aduk-aduk sampai warna minyak goreng berubah menjadi lebih jernih. Terakhir, saring minyak goreng dan simpan di wadah yang bersih.

2. Manfaatkan Segenggam Nasi

Ternyata minyak goreng juga dapat dibersihkan menggunakan nasi yang dikepal atau digumpalkan.

Caranya, ambil segenggam nasi lalu padatkan hingga membentuk kepalan. Kemudian masukkan nasi kepal tersebut ke dalam minyak goreng yang masih panas. Bolak-balik dan tekan-tekan nasi tersebut hingga kotoran menempel.

Setelah remahan bekas makanan pada minyak goreng tersebut benar-benar menempel, angkat nasi, dan silahkan diulangi jika masih terdapat sisa-sisa remahan yang belum terangkat.

3. Gunakan Kentang

Melansir idntimes.com, kentang juga bisa membersihkan minyak goreng bekas agar dapat digunakan kembali.

Langkah pertama, kupas kentang dan potong menjadi beberapa bagian yang sama besar, lalu masukkan ke dalam minyak goreng panas.

Baca Juga: Tenang, 4 Cara Ini Bisa Mengembalikan Mood Wanita

Pastikan api kompor kecil agar kentang tidak gosong. Aduk sesekali sampai kotoran dan remah sisa masakannya menempel pada kentang. Angkat kentang, lalu saring minyak goreng.

4. Menyaring dengan Kulit Pisang

Siapa sangka, kulit pisang ternyata bisa dimanfaatkan untuk membersihkan minyak goreng bekas. Awalnya, potong kulit pisang sampai halus dan lembut.

Letakkan hasil potongan kulit pisang tersebut di atas saringan dan tadah menggunakan wadah. Tuang minyak goreng bekas sedikit demi sedikit sampai kotoran dan minyak terpisah, sehingga minyak goreng tersebut bisa dipakai lagi.

5. Endapkan Minyak Goreng Bekas Semalaman

Cara membersihkan minyak goreng bekas yang paling mudah adalah dengan mengendapkannya semalaman.

Baca Juga: Ini Cara Minta Pertolongan pada Allah SWT, Pasti Terkabul

Usai minyak digunakan, simpan di dalam wadah dan biarkan selama satu malam hingga sisa tepung dan remahan mengendap sempurna. Pastikan minyak tidak teraduk lagi. (C)

Reporter: Apriliana Suriyanti

Editor: Haerani HambaliĀ 

Baca Juga