adplus-dvertising

Begini Cara Cek 3 Bansos Cair Bulan Desember

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 07 Desember 2022
347 dilihat
Begini Cara Cek 3 Bansos Cair Bulan Desember
Pemerintah masih akan menyalurkan berbagai bantuan sosial (bansos) hingga akhir tahun 2022. Bantuan tersebut berupa uang tunai maupun bentuk lain seperti pelatihan kerja. Foto: Repro Merdeka.com

" Beberapa bantuan sosial (bansos) sebagai program pemerintah dalam meringankan beban ekonomi masyarakat untuk tahun 2022, ternyata masih ada yang akan dicairkan "

JAKARTA, TELISIK.ID – Bantuan sosial (bansos) sebagai program pemerintah dalam meringankan beban ekonomi masyarakat untuk tahun 2022 ternyata masih ada yang akan disalurkan. Bantuan tersebut ada yang berupa uang tunai (BLT) ataupun dalam bentuk lain.

Dikutip dari finance.detik.com, berikut beberapa bansos yang akan cair di bulan Desember.

Bansos yang pertama adalah BLT Subsidi Upah (BSU). BSU sebagai kompensasi pemerintah atas kenaikan BBM yang diperuntukkan bagi pekerja, masih akan cair di bulan ini. Jumlah dana BLT subsidi upah ini juga sebesar Rp 600 per penerima manfaat.


BLT Ini dibagikan untuk pekerja dengan gajinya di bawah Rp 3,5 juta per bulan atau disesuaikan dengan nilai Upah Minimum Provinsi (UMP) atau kabupaten/kota.

Bansos kedua yang akan cair adalah BLT BBM. Pemerintah saat ini masih melakukan penyaluran BLT BBM tahap dua sejak November hingga Desember 2022. Setiap penerima berhak mendapat Rp 600.000 secara tunai.

Baca Juga: DPR Resmi Sahkan RKUHP jadi Undang-Undang, Lintasi 7 Presiden

BLT BBM adalah salah satu program pemerintah melalui Kementerian Sosial. Bansos ini bisa dicairkan melalui kantor pos terdekat. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, alokasi anggaran untuk BLT BBM sebesar Rp 12,4 triliun.

Hingga akhir Oktober 2022 sudah terealisasi Rp 6,21 triliun. Menurut Sri, sisa alokasi BLT BBM akan dibayarkan pada Desember 2022.

Bansos ketiga yaitu Kartu Prakerja. Program Kartu Prakerja adalah bantuan berupa pelatihan bagi masyarakat pencari kerja, pekerja/buruh terkenda PHK, atau pengusaha kecil yang terdampak pandemi COVID-19.

Hingga tahun ini, program tersebut sudah berjalan hingga 24 gelombang. Para penerima bantuan Kartu Prakerja akan mendapat bantuan total sebesar Rp 3,5 juta. Angka ini terbagi menjadi Rp 1 juta untuk biaya pelatihan dan insentif sebesar Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan, serta Rp 150 ribu insentif survei kebekerjaan pasca mengikuti pelatihan.

Dilansir dari Okezone.com, untuk mengetahui bansos yang akan cair lainnya, Telisikers bisa mengeceknya melalui aplikasi Cek Bansos melalui perangkat ponsel atau komputer.

Berikut ini beberapa cara mengecek bansos melalui aplikasi Cek Bansos.

Baca Juga: Ini Rincian Harga BBM Non Subsidi Berlaku Sejak Kemarin

- Download aplikasi Cek Bansos Kemensos di Play Store

- Pilih menu “Buat Akun Baru”

- Masukkan nomor KK, NIK, nama dan alamat lengkap, nomor HP, alamat email, serta username dan password.

- Unggah foto diri sambil memegang KTP

- Klik “Buat Akun Baru”

-Tunggu verifikasi yang akan dikirim melalui email yang telah didaftarkan

- Login ke aplikasi Cek Bansos Kemensos dengan menggunakan akun dan username yang dibuat sebelumnya

- Pilih status bantuan atau bansos yang akan dicairkan. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga