Begini Cara Daftar Online Beasiswa Pemda Bombana

Hir Abrianto, telisik indonesia
Rabu, 21 Oktober 2020
0 dilihat
Begini Cara Daftar Online Beasiswa Pemda Bombana
Panitia beasiswa Gembira Cerdas memeriksa berkas pendaftar. Foto: Hir/Telisik

" Kalau sudah registrasi online, silahkan print out bukti registrasi dari panita bersamaan dengan berkas aslinya. Setelah itu menunggu hasil verifikasi panitia siapa yang layak dan berhak mendapatkan bantuan ini. "

BOMBANA, TELISIK.ID - Pemberkasan beasiswa Gembira Cerdas bagi mahasiswa Bombana tahap II tahun 2020 ini berbeda dari sebelumnya.

Biasanya, mahasiswa yang ingin mendapatkan bantuan senilai Rp 3 juta per semester itu, cukup datang atau mengirim berkas kepada panitia, yang penting memenuhi persyaratan.

Kali ini, mahasiswa harus melalukan pendaftaran secara online terlebih dahulu melalui website yang disediakan oleh panitia, yakni pada bit.ly/gembiracerdas.

Adapun caranya, lebih dulu harus melengkapi segala persyaratan administrasi baik data di perguruan tinggi maupun dari pemerintah desa tempat tinggal.

Mahasiswa yang ingin mendaftar online, harus menyiapkan pasfoto ukuran 3x4 berwarna, surat permohonan, foto copy KTP dan KK yang telah dilegalisir, surat keterangan tidak mampu.

Sementara dari perguruan tinggi adalah foto copy Kartu Indentitas Mahasiswa, Kartu Hasil Studi yang menunjukkan IP minimal 3.0, surat keterangan tidak mendapat beasiswa lain, surat keterangan aktif kuliah, Pangkalan Data Dikti, akreditasi PT (Perguruan Tinggi), serta piagam-piagam prestasi yang pernah diraih.

Semua berkas harus dilegalisir di perguruan tinggi masing-masing untuk membuktikan kebenarannya.

Sementara cara pendaftaran online terhitung mudah, cukup masuk pada google crome, ketik link website bit.ly/gembiracerdas lalu klik "Enter" untuk log in. Pastikan email pribadi tersambung pada google karena setelah pendaftaran sukses, panitia akan memberikan balasan bukti registrasi.

Baca juga: Cegah Rusuh Demo Omnibus Law, Polda Amankan 182 Orang

Kedua, pastikan setiap lembar berkas disimpan dalam bentuk pdf, sebab pada format registrasi diperintahkan untuk mengupload berkas berdasarkan perintah.

Bila sudah berhasil masuk, maka isi kolom sesuai permintaan. Bila terdapat tanda * berwarna merah maka wajib disini.

Teruskan hingga perintah selesai dan sukses lalu klik cek data registrasi.

Pada perintah pengecekan, ketik nomor NIM lalu klik cari.

Dalam hitungan yang singkat, panitia akan membalas dengan lembaran bukti pendaftaran dalam bentuk pdf.

Selanjutnya unduh bukti pendaftaran, lalu diprint out untuk diserahkan kepada panitia bersama berkas aslinya.

"Kalau sudah registrasi online, silahkan print out bukti registrasi dari panita bersamaan dengan berkas aslinya. Setelah itu menunggu hasil verifikasi panitia siapa yang layak dan berhak mendapatkan bantuan ini," ucap Hasman, panitia seleksi Gembira Cerdas kepada Telisik.id saat ditemui Rabu (21/10/2020). (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga