Begini Cara Jaga Tubuh Agar Tetap Sehat di Musim Pancaroba, Jangan Sakit

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 22 Februari 2022
0 dilihat
Begini Cara Jaga Tubuh Agar Tetap Sehat di Musim Pancaroba, Jangan Sakit
Menjaga kesehatan di musim pancaroba. Foto: Muslimobsesion

" Cuaca pada masa pancaroba yang tidak menentu seperti itu dapat sangat memengaruhi kesehatan kita "

KENDARI, TELISIK. ID - Sebagai negara dengan iklim tropis, Indonesia memiliki 2 musim setiap tahunnya, yaitu musim penghujan dan musim kemarau.

Masa peralihan musim dari musim penghujan ke musim kemarau biasa disebut dengan masa atau musim pancaroba. Pada masa pancaroba, cuaca cenderung tidak menentu, bisa saja hujan, tetapi bisa saja panas terik.

Cuaca pada masa pancaroba yang tidak menentu seperti itu dapat sangat memengaruhi kesehatan kita. Karena badan mendapatkan kondisi yang berubah-ubah, baru saja kedinginan karena kehujanan, kemudian terkena panas terik. Hal tersebut dapat membuat kondisi kesehatan kita kurang baik bahkan dapat menjadi sakit.

Berikut Telisik.id merangkum cara menjaga tubuh agar tetap sehat di musim pancaroba dilansir dari berbagai sumber:

1. Tingkatkan asupan makanan bergizi

Melansir Halosehat.com, tidak hanya menjaga organ tubuh agar bekerja secara normal, beberapa makanan bisa mencegah penyakit karena kandungan vitamin C, zat besi, dan protein di dalamnya ternyata secara khusus dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.

Anda dapat memenuhi kebutuhan gizi tersebut dari berbagai makanan, seperti jeruk, daging merah, telur, ikan, dan sayuran hijau.

Sebaliknya, kurangi asupan makanan yang mengandung lemak tinggi, pengawet, atau pemanis buatan. Terlalu banyak mengonsumsi jenis makanan tersebut dapat memicu peradangan dalam tubuh.

2. Minum air putih yang cukup

Tips selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk menjaga kesehatan di musim pancaroba adalah mencukupi kebutuhan air setiap hari. Air tidak hanya meredakan dahaga, tapi juga menjaga kelembapan tubuh dan menjadi komponen utama dari pembentukan plasma darah.

Baca Juga: Waspada Penyakit di Tengah Pancaroba

Selain itu, air membantu mengedarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh dan membantu mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan tubuh.

Jika tubuh kekurangan cairan, organ tubuh tidak dapat bekerja dengan efektif, termasuk sistem kekebalan tubuh Anda. Untuk itulah, mencukupi kebutuhan air sangat penting untuk mencegah sakit.

Namun, kebutuhan air setiap orang itu berbeda-beda, tergantung dengan usia, kondisi kesehatan, dan aktivitas yang dilakukan. Kisaran banyaknya air yang harus dipenuhi anak-anak dan orang dewasa setiap hari yaitu 1200 hingga 2000 mL atau sekitar delapan gelas sehari.

3. Rajin Olahraga

Baca Juga: Orang Tua Wajib Tahu, Ini Dampak Anak Sering Main Handphone, Nomor 3 dan 4 Mengerikan

Melansir Yoursay.id, meskipun cuaca tidak menentu dan kesibukan rutinitas sehari-hari membuat kita sulit untuk berolahraga di luar rumah, usahakan tetap melakukan olahraga yang cukup meskipun hanya di dalam rumah.

Olahraga ringan seperti lari di tempat, push up, squat jump, sit up, dan gerakan-gerakan lain yang dapat dilakukan di dalam ruangan cukup untuk meningkatkan kebugaran tubuh jika dilakukan dengan porsi yang cukup.

4. Istirahat yang Cukup

Jika badan kita lelah, daya tahan tubuh akan ikut melemah. Ketika daya dahan tubuh melemah maka penyakit dapat dengan mudah menyerang tubuh kita. Oleh karena itu, jaga agar tubuh kita tetap fit dan tidak kelelahan dengan tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat serta beristirahat dengan cukup. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga