Begini Cara Memenuhi Kebutuhan 8 Gelas Air Putih Saat Puasa

Elfinasari, telisik indonesia
Jumat, 24 Maret 2023
0 dilihat
Begini Cara Memenuhi Kebutuhan 8 Gelas Air Putih Saat Puasa
Ustadz Taufik, Imam Masjid Jami Al - Falah Lepo-Lepo Kota Kendari mengatakan pentingnya minum air putih 8 gelas per hari, bukan hanya baik dari aspek kesehatan tapi hal tersebut juga sejalan dengan hadis Rasulullah SAW. Foto: Elfinasari/Telisik

" Pentingnya minum air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas per hari saat menjalankan puasa, untuk mencegah dehidrasi dan menjaga energi tubuh "

KENDARI, TELISIK.ID - Berpuasa adalah salah satu kewajiban bagi umat Islam di seluruh dunia selama bulan Ramadan. Saat berpuasa, tubuh membutuhkan cairan yang cukup untuk menjaga keseimbangan dan menghindari dehidrasi. Oleh karena itu, Islam telah memberikan aturan mengenai minum air putih selama berpuasa.

Menurut Imam Masjid Jami Al-Falah, Lepo-Lepo, Kota Kendari, Taufik Hidayat, pentingnya minum air putih saat berpuasa adalah minimal 8 gelas per hari agar tubuh kita sehat dan tidak gampang lelah. Hal ini sejalan dengan hadis Rasulullah SAW yang mengatakan bahwa:

"Kita harus menghindari kelaparan dan kehausan selama berpuasa," ujarnya saat ditemui Jumat (24/03/2023).

Menurut dr. Heny Hastuti, Kepala Casemix di RS Siloam Baubau saat dihubungi via WhatsApp, pentingnya minum air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas per hari saat menjalankan puasa, untuk mencegah dehidrasi dan menjaga energi tubuh.

Dokter Heny juga menjelaskan bahwa gejala dehidrasi dapat dikenali dari rasa haus yang berlebihan, perubahan warna urine menjadi lebih pekat, frekuensi buang air kecil yang semakin menurun, sulit berkonsentrasi, cepat lelah, dan mengantuk.

Baca Juga: Ramadan Ala Anak Kos di Tengah Kesibukan Kuliah

Tata cara minum air putih saat berpuasa juga memiliki aturan yang harus diikuti. Dikutip dari Kompas.com menurut Ahli Gizi, dr. Samuel Oetoro MS SpGk, mencukupi kebutuhan air putih 8 gelas sehari merupakan hal yang perlu diperhatikan. Ia juga mengungkapkan, pada prinsipnya aturan minum ini adalah 3-4 gelas saat sahur dan 4-5 gelas saat berbuka.

Lantas, bagaimana aturan minum air putih 8 gelas sehari saat puasa? Dokter Samuel membuat simulasi aturan minum air putih, sebagai berikut:

- 1 gelas saat bangun sahur

- 1 gelas setelah makan sahur

- 1-2 gelas menjelang imsak

- 1 gelas saat berbuka

- 1 gelas jus

- Sisanya minum saat menjelang salat tarawih hingga sebelum tidur

Selain itu, aturan minum air putih 8 gelas sehari saat puasa juga bisa dilakukan dengan minum satu gelas, berikut simulasinya:

Baca Juga: Ini Keutamaan Sahur Menurut Islam dan Sains

- 1 gelas saat bangun sahur

- 1 gelas setelah makan sahur

- 1 gelas saat berbuka puasa

- 1 gelas setelah salat Magrib

- 1 gelas setelah makan

- 1 gelas selepas salat Isya

- 1 gelas usai salat tarawih

- 1 gelas menjelang tidur

Kita juga disarankan untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung air, serta menghindari minuman berkafein dan bersoda.

Dengan memperhatikan aturan minum air putih yang cukup dan tata cara minumnya saat berpuasa, kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan menghindari dehidrasi yang dapat membahayakan kesehatan kita. Semoga kita semua dapat berpuasa dengan baik dan sehat selama bulan Ramadan. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga