Begini Cara Usir Rasa Malas Bangun di Pagi Hari

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 21 Juni 2023
0 dilihat
Begini Cara Usir Rasa Malas Bangun di Pagi Hari
Melakukan perubahan kebiasaan bisa membantu Anda untuk bangun lebih segar di pagi hari dan menghindari rasa mengantuk. Foto: Repro Jurnas.com

" Kamu harus mempersiapkan energi dan tubuhmu untuk hari esok, agar bisa semangat bangun pagi "

KENDARI, TELISIK.ID - Tak sedikit dari kita merasa malas bangun di pagi hari, terutama jika di malam hari telah banyak melakukan aktivitas dan begadang. Melakukan perubahan kebiasaan bisa membantu Anda untuk bangun lebih segar di pagi hari dan menghindari rasa mengantuk.

Cara menghilangkan malas bangun pagi dilansir dari Kompas.com dan Psikologi.uma.ac.id:

1. Mengurangi aktivitas di malam hari

Mengurangi aktivitas di malam hari berarti begadang melakukan hal yang tidak penting, misalnya chatting, stalking mantan, ngobrol, main game dan lain sebagainya. Kamu harus mempersiapkan energi dan tubuhmu untuk hari esok, agar bisa semangat untuk bangun pagi. Poin pertama dari tip ini adalah kecuali bagi mereka yang bekerja shift malam karena mereka bekerja di malam hari dan tidur di pagi hari.

2. Buatlah daftar kegiatan untuk esok hari

Luangkan waktu sejenak untuk membuat rencana untuk esok hari. Merencanakan kegiatan yang akan Anda lakukan hanya 3-5 menit di malam hari akan membantu Anda memiliki lebih banyak tujuan dan sasaran untuk bangun pagi keesokan harinya. 5-10 hal yang Anda tuliskan terbukti akan memudahkan Anda menghindari rasa malas bangun pagi dan lebih mudah fokus.

Baca Juga: Tips Bangun Pagi Agar Tak Kesiangan Salat Subuh

3. Minum segelas air putih

Dehidrasi bisa menyebabkan rasa mengantuk, penurunan kemampuan kognitif, dan perubahan suasana hati. Untuk menghindari rasa malas, Anda bisa minum segelas air putih ketika bangun dan menjaga tubuh agar tidak dehidrasi dengan mencukupi kebutuhan air putih.

4. Melakukan gerakan peregangan

Otot akan lumpuh sementara ketika tidur dan perlu energi yang cukup untuk membangunkannya kembali. Lakukan gerakan peregangan, seperti yoga, untuk mengaktifkan otot dan meningkatkan energi serta fungsi otak sehingga tubuh bisa bangun dengan lebih segar.

5. Pastikan jam tidur yang baik

Terkadang orang tidak sadar tentang berapa jam beliau tidur, nah disini kalian wajib mengatur serta mengetahuinya ya guys, karena hal ini sebagai galat satu penyumbang terbesar alasan kenapa kalian malas bangun pagi. Pastikan jam tidur kalian antara 6-8 jam sehari (buat orang dewasa).

Baca Juga: Jangan Kesiangan, Ini 13 Keutamaan Bangun Pagi Menurut Islam

Bila kalian sudah mengetahui dan mengaturnya menggunakan baik, maka secara otomatis tubuh kalian akan sangat siap buat menjalani hari esok guys. Jika kalian tidur kurang asal 6-8 jam per hari, tubuh kalian memang sudah pasti akan merasa sangat berat buat bersemangat karena tubuh kalian tidak mempunyai saat istirahat yang cukup.

6. Jauhkan alat elektronik

Buat dapat menggunakan mudah bangun pagi serta tidak merasa malas, kalian juga perlu menjaga ketenangan dan nyenyak saat tidur. Untuk itu, disarankan menjauhkan alat-alat elektronik dari tubuh saat sedang tidur.

Dering telepon serta notifikasi chat akan membentuk kalian ingin segera menjawab dan membacanya sebab segera ingin memahami, padahal hal tersebut tidak krusial untuk diketahui dan dijawab saat itu juga. Masih terdapat hari esok yg menanti untuk diselesaikan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga