Begini Kondisi Dua Warga Kolut Positif COVID-19

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 21 April 2020
0 dilihat
Begini Kondisi Dua Warga Kolut Positif COVID-19
Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kolut, dr. Syarif Nur Ramly, ketika memperagakan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) kepada tim medis Satgas COVID-19. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Walaupun kondisi mereka sehat tanpa keluhan dan gejala, mereka tetap harus diisolasi sampai hasil swabnya dinyatakan negatif atau sembuh dari COVID-19. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - 15 April lalu, dua warga Kolaka Utara (Kolut) dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil uji swab tenggorokan. Keduanya berjenis kelamin laki-laki, usia 37 dan 33 tahun.

Keduanya kini menjalani isolasi di Rumah Sakit Bayangkara, Kendari. Keadaan mereka kini sehat dan tanpa keluhan.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kolut, dr. Syarif Nur Ramly mengungkapkan, dirinya sempat berkomunikasi melalui saluran telepon kepada keduanya.

"Saya sempat berkomunikasi dengan mereka lewat handphone dan mereka menyampaikan jika kondisi mereka saat ini baik. Mereka rajin berolahraga, tidak ada gejala dan keluhan," kata dokter Syarif, Senin (20/4/2020).

Ditambahkan, kedua pasien positif COVID-19 itu akan menjalani karantina hingga hasil tes swab tenggorokan dinyatakan negatif.

"Walaupun kondisi mereka sehat tanpa keluhan dan gejala, mereka tetap harus diisolasi sampai hasil swabnya dinyatakan negatif atau sembuh dari COVID-19," jelasnya.

Baca juga: Jumlah Positif Bertambah, Warga Sultra Diimbau Taat Aturan

Direktur Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Djafar Harun Kolut ini juga menegaskan, keduanya belum sempat kembali ke Kolut pasca mengikuti pendidikan di Sukabumi, Jawa Barat. Sehingga masyarakat tidak usah panik, namun tetap meningkatkan kewaspadaan dan mengikuti arahan pemerintah daerah melalui Tim Gugus Tugas COVID-19 Kolut.

"Masyarakat tidak usah panik, namun tetap waspada dan mengikuti setiap arahan pemerintah antara lain menggunakan masker ketika ke luar rumah, menjaga jarak atau physical distancing, rajin cuci tangan, dan imbauan lainnya demi keselamatan kita semua," ungkapnya.

Selain itu, dokter Syarif meminta kepada masyarakat agar tidak panik ketika mendapat informasi, apalagi ikut menyebarkan informasi-informasi yang tidak akurat terkait perkembangan COVID-19 di Kolut.

"Jadi kalau ada informasi yang kurang akurat silahkan konfirmasi ke kami atau Satgas. Insyaallah kami akan merespon dan menjawab setiap pertanyaan-pertanyaan terkait perkembangan COVID-19 sesuai dengan wewenang kami tentu dalam batasan atau kaidah-kaidah tertentu," tutupnya.

 

Reporter: Muh. Risal

Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga