Begini Nasib Tenaga Honorer Jelang Penghapusan

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Selasa, 10 Januari 2023
0 dilihat
Begini Nasib Tenaga Honorer Jelang Penghapusan
Guru honorer yang sudah lama mengabdi akan diubah statusnya menjadi ASN melalui jalus PPPK. Foto: Facebook Munarsih Bud

" Meski tenaga honorer akan dihapus dan diganti menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), namun jika dibutuhkan penerimaannya akan disesuaikan dengan kebutuhan instansi "

MUNA, TELISIK.ID - Meski tenaga honorer akan dihapus dan diganti menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), namun jika dibutuhkan penerimaannya akan disesuaikan dengan kebutuhan instansi.

Menanggapi hal itu, Kepala SMPN 4 Parigi Kabupaten Muna, La Ode Mondo mengatakan, sejauh ini di sekolahnya belum ada penghapusan tenaga honorer karena kebutuhan tenaga pendidik juga masih kurang dari ASN.

La Ode Mondo membeberkan, berdasarkan surat edaran yang ia terima pada Maret 2022, batas penerimaan tenaga honorer pada  November 2022. Namun hal tersebut masih banyak mendapat penolakan dari berbagai kepala daerah.

Baca Juga: Kontrak Pembangunan Perpustakaan Modern di Muna Diperpanjang

Baca Juga: Buton Tengah Gaet Investor Jerman Budidaya Udang Vename

"Yang saya pahami itu, yang sudah terlanjur mengabdi dengan data yang sudah tercatat di pusat akan diubah statusnya. Namun, tidak menutup kemungkinan jika ada potensi dan dibutuhkan, sekolah masih akan menerima tenaga honorer,” ucapnya, Selasa (10/1/2022).

Seorang guru honorer di SDN 8 Parigi, Sunarsih juga menyampaikan, ia mendapat informasi jika tenaga honorer akan diubah statusnya menjadi ASN melalui jalur PPPK.

“Kalaupun ada penghapusan dan kami diabaikan rasanya sangat tidak adil. Kami sudah mengabdi bertahun-tahun seharusnya pemerintah beri sedikit perhatian,” ungkapnya. (B)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga