adplus-dvertising

Begini Persentasi Penularan COVID-19 Jika Tak Pakai Masker

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 06 September 2020
1114 dilihat
Begini Persentasi Penularan COVID-19 Jika Tak Pakai Masker
Ilustrasi pelarangan tak pakai masker. Foto: Repro google.com

" Jadi masker ini sangat membantu kita agar bisa terhindar dari Virus Corona ini. "

KENDARI, TELISIK.ID - COVID-19 di Indonesia, termasuk Sultra sudah memasuki bulan ke enam.

Protokol kesehatan pun diterapkan agar terhindar dari virus asal Wuhan China tersebut, salah satunya dengan memakai masker.

Praktisi kesehatan di Kota Kendari, dr Sofyan Natsir mengungkapkan, jika seseorang bertemu dan menjalin komunikasi pada orang yang terpapar COVID-19 tapi tanpa gejala tidak menggunakan masker, maka potensi penularannya sangat besar.


Di mana kata dia, jika pengidap COVID-19 tanpa gejala tidak memakai masker dan orang sehat juga tidak pakai masker, maka risiko penularannya itu mencapai 90 persen.

Namun, apabila pengidap virus ini yang tanpa gejala tidak memakai masker tapi orang sehat yang berkomunikasi dengannya pakai masker, maka risiko penularannya itu 30 persen.

Baca juga: Ahli Virologi: Masa Karantina COVID-19 Cukup 5 Hari

Sebaliknya, jika pengidap COVID-19 tanpa gejala memakai masker dan orang sehat yang tidak pakai masker, maka risiko penularannya itu hanya 5 persen.

Jika pengidap COVID-19 tanpa gejala dan orang sehat sama-sama memakai masker, maka risiko penularannya itu hanya 1,5 persen.

Lanjut dia, lebih baik lagi kalau pengidap COVID-19 tanpa gejala dan orang sehat saat mereka berkomunikasi sama-sama menggunakan masker, lalu ditambah mereka menjaga jarak minimal 1,8 meter, maka risiko penularannya itu bisa 0 persen.

"Jadi masker ini sangat membantu kita agar bisa terhindar dari Virus Corona ini," kata dr Sofyan Natsir yang juga Dokter di Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sultra ke pada Telisik.id, Minggu (6/9/2020).

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga