Begini Persepsi Masyarakat terhadap BUMN Tambang

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 26 November 2022
0 dilihat
Begini Persepsi Masyarakat terhadap BUMN Tambang
Kegiatan survei yang dilakukan PT Antam kepada berbagai kalangan responden, salah satunya media. Foto: Ist.

" Perusahaan khususnya yang bergerak di bidang pertambangan perlu melihat berbagai persepsi khususnya dari masyarakat, karena sektornya yang berpengaruh cukup signifikan terhadap lingkungan hidup "

KENDARI, TELISIK.ID - Perusahaan khususnya yang bergerak di bidang pertambangan perlu melihat berbagai persepsi khususnya dari masyarakat, karena sektornya yang berpengaruh cukup signifikan terhadap lingkungan hidup.

Sebagai BUMN yang bergerak di bidang pertambangan, PT Antam melakukan survei ke berbagai kalangan untuk mengetahui bagaimana penilaian mereka terhadap kehadiran perusahaan tersebut.

Survei ditujukan kepada ratusan responden yang berasal dari tujuh titik tempat PT Antam beroperasi di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Tim Dosen UHO Beri Penyuluhan Akuntansi ke Pesantren Hidayatullah Kendari

Beberapa daerah tersebut meliputi Konawe Utara, Kolaka Timur, Maluku, Bogor, Jakarta Utara dan Jakarta Timur. Ratusan responden yang dilibatkan yaitu dari kalangan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, stakeholder yang berkaitan, vendor yang bekerjasama, media, hingga masyarakat sekitar perusahaan.

Sebagian besar isi dari pertanyaan dalam survey tersebut meliputi aspek pertambangan, lingkungan, sosial, masyarakat dan seberapa besar responden mengenal perusahaan PT Antam.

Salah satu surveior dari lembaga riset Institut Pertanian Bogor (IPB), Tita mengatakan, sejauh ini masyarakat khususnya di daerah Konawe Utara yang dekat dengan daerah pertambangan PT Antam tidak begitu kontra dengan perusahaan tersebut, karena mendapatkan manfaat Corporate Social Responsibility (CSR) juga manfaat ekonomi karena kehadirannya.

Baca Juga: Sudah Bayar Puluhan Juta Rupiah Calon Jemaah Umroh Ini Tak Kunjung Berangkat

Asisten Manajer bidang CSR dan Eksternal UBPN PT Antam Konawe Utara, La Endang mengakui, setiap tahunnya perusahaan selalu menggelontorkan CSR satu persen dari total keuntungan perusahaan.

Ia mengatakan, CSR tersebut biasanya disalurkan dalam bentuk beasiswa maupun penyuluhan dalam bidang kesehatan, ada pun dalam bidang lingkungan PT Antam juga melakukan program tanam pohon mangrove.

Akhir dari survei yang dilakukan, nantinya akan dijadikan sebagai patokan untuk memperbaiki kinerja PT Antam di Tahun 2023. (B)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: KardinĀ 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga