Begini Prakiraan Cuaca Hari ini untuk Wilayah Kota Kendari

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Rabu, 23 Desember 2020
0 dilihat
Begini Prakiraan Cuaca Hari ini untuk Wilayah Kota Kendari
Hujan dengan intensitas ringan diperkirakan akan terjadi di dua kecamatan yakni Kadia dan Kendari, pada pukul 14:00 - 23:00 Wita. Foto: Repro hu.pakuan.com

" Faktor tersebut yang dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di wilayah Sulawesi Tenggara, termasuk Kota Kendari, sehingga terjadinya hujan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari, tengah memprakirakan kemungkinan cuaca untuk hari ini, Rabu (23/12/2020).

Berdasarkan pantauan citra satelit dan radar cuaca terkini serta dinamika atmosfer yang berkembang, untuk wilayah Kota Kendari diprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga ringan pada siang, malam dan dini hari.

Dalam prakiraan tersebut, hujan dengan intensitas ringan terdapat di dua kecamatan yakni Kadia dan Kendari, Hal ini akan berlangsung pada pukul 14:00 - 23:00 Wita.

Untuk Kecamatan Baruga, diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas sedang pada pukul 14:00 -17:00. Sedangkan untuk malam hari akan kembali berawan.

Untuk kecamatan lainya di wilayah Kota Kendari yang tidak disebutkan, akan terjadi hujan dengan intensitas sedang pada pukul 14:00-23. Kemudian akan kembali berawan pada esok hari.

Baca juga: Peringatan Hari Ibu, Perempuan Berdaya Indonesia Maju

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Kendari, Zumiana mengungkapkan, kondisi ini disebabkan adanya massa udara basah lapisan rendah dan indeks labilitas sedang hingga kuat dengan berskala lokal yang terkonsentrasi di wilayah Sulawesi Tenggara.

Kemudian lanjutnya, untuk saat ini anomali positif suhu permukaan laut masih terjadi di sekitar wilayah perairan Teluk Bone dan perairan bagian Timur Sulawesi Tenggara.

"Faktor tersebut yang dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di wilayah Sulawesi Tenggara, termasuk Kota Kendari, sehingga terjadinya hujan," jelas Zumiana.

Puncak musim penghujan diprediksi berlangsung pada Januari hingga Februari 2021. Olehnya itu imbauan untuk masyarakat agar selalu menjaga kesehatan tubuh, dikarenakan musim hujan sedang berlangsung di tengah pandemi COVID-19. (B)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga