Belajar Daring Picu Kualitas Pendidikan di Jatim Menurun

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Selasa, 13 Oktober 2020
0 dilihat
Belajar Daring Picu Kualitas Pendidikan di Jatim Menurun
Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Wahid Wahyudi. Foto: Try wahyudi Ari Setyawan/Telisik

" Khususnya untuk pembelajaran matematika, fisika, maupun kimia, siswa lebih menangkap pembelajaran lewat tatap muka. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur (Jatim), Wahid Wahyudi mengungkapkan, pembelajaran jarak jauh atau daring yang selama ini diberlakukan di tengah pandemi COVID-19 dinilai kurang efektif.

“Kami menilai pembelajaran daring atau jarak jauh kurang efektif, di mana berdampak pada kualitas pendidikan,” ungkap Wahid Wahyudi di Grahadi Surabaya, Selasa (13/10/2020).

Ia mengungkapkan, menurunnya kualitas pendidikan ketika diberlakukan daring karena daya tangkap siswa dalam melihat peralatan teknologi misalnya ponsel atau komputer lebih tinggi untuk melakukan tatap muka.

“Khususnya untuk pembelajaran matematika, fisika, maupun kimia, siswa lebih menangkap pembelajaran lewat tatap muka,” ungkapnya.

Baca juga: Belum Cairkan Tahap I, Pemda Bombana Kembali Buka Pemberkasan Beasiswa ke II

Atas fakta tersebut, lanjut mantan Pj Bupati Lamongan ini, pihaknya berharap ada evaluasi di jajaran pendidik.

“Saat ini sedang mengalami penurunan, namun saya yakin pada titik-titik saat tertentu pula akan mengalami kenaikan lagi karena guru dan siswa siap. Sekarang ini guru dan siswa sama-sama tidak siap. Guru belum menyiapkan metode pembelajaran daring sedangkan siswa juga belum siap lewat daring,” jelasnya.

Karena dinilai kurang efektif sambung Wahid Wahyudi, Jatim sudah mulai melakukan uji coba pembelajaran tatap muka dengan pengaturan-pengaturan sesuai dengan zona.

“Dan sekarang Jatim bebas zona merah dan Insya Allah, Gubernur Khofifah sudah memerintahkan kepada saya untuk meningkatkan jumlah sekolah yang melakukan pembelajaran tatap muka di Jatim,” tutupnya. (B)

Reporter: Try wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga