Belasan Rumah Warga di Bombana Terendam Banjir

Hir Abrianto, telisik indonesia
Minggu, 16 Oktober 2022
0 dilihat
Belasan Rumah Warga di Bombana Terendam Banjir
Warga membersihkan lumpur yang tertinggal setelah genangan air surut. Foto: Ist

" Belasan rumah warga di Desa Pusuea, Kecamatan Poleang Utara, Kabupaten Bombana terendam banjir, dampak dari intensitas hujan yang deras yang menyebabkan meluapnya sungai yang tidak jauh dari pemukiman warga "

BOMBANA, TELISIK.ID – Belasan rumah warga di Desa Pusuea, Kecamatan Poleang Utara, Kabupaten Bombana terendam banjir, dampak dari intensitas hujan yang deras yang menyebabkan meluapnya sungai yang tidak jauh dari pemukiman warga.

Kepala Desa Pusuea, Abdul Hakim menyebutkan, akibat hujan yang melanda wilyah Bombana khususnya di Desa Pusuea, menyebabkan 3 titik banjir yakni Dusun Eetada sebanyak 3 rumah, Dusun Tundulo halaman sekolah SMP dan SD serta 4 rumah warga digenangi serta di Dusun Bangka Bangka 4 rumah.

Baca Juga: Pj Bupati Muna Barat Cari Pejabat Eselon II yang Kompeten

Saat ini pihaknya tengah memantau kondisi warganya, karena air yang masuk ke rumah warga mencapai ketinggian betis orang dewasa.

“Kalau sekolah sudah kering, tapi kalau untuk pemukiman warga baru kali ini yang besar, karena biasanya tidak terlalu,” jelasnya, Minggu (16/10/2022).

Banjir ini dikatakan akibat dari meluapnya 3 sungai, yakni Dusun Eetada akibat luapan Sungai Talatica, Dusun Bangka-Bangka dari Sungai La Bangka-Bangka dan Dusun Tundulo dari Sungai Ambebali.

Baca Juga: Ribuan Warga Bombana Padati Jalan Sehat Peringati HUT Partai Golkar ke-58

Kepala BPBD Bombana, Hasdin Ratta mengaku, telah mendaptkan informasi tersebut dari pemerintah desa setempat, pihaknya mengirim personelnya untuk memastikan kondisi di lapangan.

“Kami sudah dapat info. Memang saat ini intensitas hujan sangat tinggi, apalagi kita menghadapi puncak musim penghujan. Selain itu juga di sana (Pusuea) saluran buangan air sangat sempit,” bebernya. (B)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Kardin

Baca Juga