Belgia Hempaskan Rumania, Grup E Euro 2024 Memanas

Mustaqim, telisik indonesia
Minggu, 23 Juni 2024
0 dilihat
Belgia Hempaskan Rumania, Grup E Euro 2024 Memanas
Kevin De Bruyne (kiri) melakukan selebrasi usai membobol gawang Rumania penyisihan Grup E Piala Eropa 2024 di Cologne Stadium, Jerman, Minggu (23/6/2024) dinihari WIB. Foto: AFP

" Empat tim di Grup E Piala Eropa 2024 punya peluang yang sama memperebutkan dua tiket ke babak 16 besar "

JAKARTA, TELISIK.ID – Empat tim di Grup E Piala Eropa 2024 punya peluang yang sama memperebutkan dua tiket ke babak 16 besar. Kepastian ini diperoleh setelah Belgia menghempaskan Rumania 2-0 di Cologne Stadium, Jerman, Minggu (23/6/2024) dinihari.

Kemenangan Belgia ini membawa mereka mengumpulkan poin 3, sama dengan tiga tim lainnya di Grup F yang masing-masing meraih satu kali kemenangan dan sekali kalah.

Kendati kalah, Rumania masih memuncaki klasemen Grup F. Posisi kedua Belgia yang kalah selisih gol memasukan dari Rumania. Sementara posisi ketiga dan keempat adalah Slovakia dan Ukraina.

Poin yang sama bagi empat tim tersebut dipastikan terjadi persaingan sengit dan panas di partai terakhir penyisihan grup tiga hari kemudian. Saling jegal akan berlangsung secara bersamaan pada Rabu (26/6/2024) malam pukul 23:00 WIB.  

Dalam pertandingan Minggu dinihari tadi, gol pembuka kemenangan Belgia dilesakkan oleh Youri Tielemans menit ke-2 setelah memanfaatkan umpan dari Romelu Lukaku. Tielemans melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang gagal diantisipasi oleh kiper Rumania, Florin Nita.

Unggul lewat gol cepat semakin memompa semangat dan motivasi anak asuhan Domenico Tedesco. Mereka tak mengendurkan tekanan ke area pertahanan Rumania. Namun, hingga akhir babak pertama Belgia belum berhasil memperlebar keunggulan.

Upaya Belgia untuk menambah gol baru berhasil pada menit ke-80 lewat sontekan kaki kanan Kevin De Bruyne. Wasit sempat memeriksa keabsahan gol lewat komunikasi dengan wasit VAR (Video Assistent Referee). Namun, pada akhirnya wasit tetap mensahkan gol De Bruyne.

Pelatih Rumania, Edward Iordanescu, mengakui keunggulan Belgia dan mengapresiasi kualitas permainan De Bruyne dan rekan setimnya.

“Mereka adalah tim dengan banyak kualitas, mereka memiliki kecepatan, mereka memiliki ledakan, kekuatan. Mereka adalah tim yang lengkap. Mereka adalah kandidat untuk memenangkan gelar,” tutur Iordanescu usai pertandingan, seperti dikutip dari uefa.com, Minggu (23/6/2024).

Baca Juga: Portugal Ke Babak 16 Besar Euro 2024, Turkiye Posisi Sulit

Iordanescu menilai, duel timnya dengan Belgia merupakan pertandingan yang spektakuler. Timnya mencoba untuk bersaing dan memberikan segalanya. Dia pun menegaskan bahwa Rumania tidak pernah menyerah dan berjuang sangat keras.

“Kami memulai pertandingan dengan beberapa kesalahan dan gol itu diawal sulit diatasi. Kami memiliki rencana B tetapi menghadapi tim ketiga di peringkat (dunia) itu sulit, kami memiliki nasib buruk,” kata Iordanescu.

Memasuki babak kedua, Iordanescu menilai timnya mulai pulih dan memiliki lebih banyak inisiatif menyerang. Dia menyebut ada tiga atau empat peluang yang diperoleh lewat Dragusin, Man, Ratiu dan Mihaila.

“Ini (grup) yang paling rumit, tetapi kami berada di puncak dan sekarang kami hanya mengandalkan kinerja kami. Hal yang paling menjengkelkan bagi saya adalah gol kedua, karena kami tidak tahu bagaimana menghindarinya,” ujar Iordanescu.

Menghadapi pertandingan terakhir penyisihan Grup E melawan Slovakia, Iordanesco optimis bisa lolos ke 16 besar.

“Kami akan selalu mencoba dan menjadi lebih baik dan kami akan mencoba dan meningkatkan untuk pertandingan ketiga. Saya memiliki keyakinan penuh pada tim kami,” tegasnya.

Sementara itu, pelatih Belgia, Domenico Tedesco, mengungkapkan bahwa timnya bermain dengan struktur yang sama seperti melawan Slovakia. Dia memberi apresiasi khusus kepada Tielemans yang dinilainya bermain sangat baik.

Tedesco mengatakan senang timnya menang dan berusaha akan kembali meraih hasil yang sama pada pertandingan ketiga versus Ukraina.

“Kami menekan tinggi, kami mencoba memenangkan bola tinggi di lapangan. Rumania suka mengontrol permainan. Tidak mudah melawan mereka, tetapi mentalitas kami bagus,” tutur Tedesco.

Determinasi tinggi yang diterapkan para pemain Belgia ke area pertahanan Rumania memberi banyak ancaman untuk terciptanya gol tambahan.

“Ya, sayang sekali (kami membutuhkan begitu banyak peluang untuk mencetak gol). Saya pikir itu mungkin untuk mencetak tiga, empat atau lima gol malam ini. Sangat bagus kami menciptakan peluang seperti ini dan kami perlu mengatakan sabar,” terang Tedesco.

Tedesco juga memberi apresiasi khusus kepada De Bruyne. Kehadiran gelandang Manchester City ini dianggap memberi dampak positif bagi tim meski sempat absen di kualifikasi Piala Eropa.

Baca Juga: Belanda Vs Prancis Imbang, Polandia Jadi Tim Pertama Angkat Kaki dari Euro 2024

Data Statistik:

- Ini adalah pertemuan pertama Belgia dan Rumania di turnamen final internasional besar.

- Belgia kini telah memenangkan lima dari enam pertandingan grup EURO terakhir mereka.

- Kekalahan 1-0 melawan Slovakia pada Matchday 1 adalah satu-satunya kekalahan Belgia dalam 17 pertandingan terakhir mereka (Menang 11 Draw 5).

- Belgia hanya bermain imbang dua kali dari 24 pertandingan EURO terakhir mereka dan tidak satu pun dari 19 pertandingan terakhir.

- Rumania melewatkan kesempatan untuk memenangkan pertandingan EURO berturut-turut untuk pertama kalinya.

Susunan Pemain

Belgia (4-2-3-1): Koen Casteels; Timothy Castagne, Wout Faes, Jan Vertonghen, Arthur Theate; Youri Tielemans, Amadou Onana; Dodi Lukebakio, Kevin De Bruyne, Jeremy Doku; Romelu Lukaku

Pelatih: Domenico Tedesco

Rumania (4-1-4-1): Florin Nita; Andrei Ratiu, Radu Dragusin, Andrei Burca, Nicusor Bancu; Marius Marin; Dennis Man, Razvan Marin, Nicolae Stanciu, Valentin Mihaila; Denis Dragus

Pelatih: Eduard Iordanescu. (C)

Reporter: Mustaqim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga