Beli Oleh-Oleh, Anies Baswedan Borong Kacang Mete dan Kain Tenun Khas Sulawesi Tenggara

Nur Aziza, telisik indonesia
Selasa, 09 Januari 2024
0 dilihat
Beli Oleh-Oleh, Anies Baswedan Borong Kacang Mete dan Kain Tenun Khas Sulawesi Tenggara
Anies Baswedan saat memborong oleh-oleh khas Sulawesi Tenggara di Toko oleh-oleh Bravo. Foto: Nur Aziza/Telisik

" Saat melakukan kampanye di Kota Kendari, calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, tidak lupa menyicipi makanan dan membeli oleh-oleh khas Sulawesi Tenggara "

KENDARI, BERKALA.ID - Saat melakukan kampanye di Kota Kendari, calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, tidak lupa menyicipi makanan dan membeli oleh-oleh khas Sulawesi Tenggara, Selasa (9/1/2024).

Kedatangan Anies Baswedan di Toko Bravo oleh-oleh khas Kendari yang berada di Jalan Syech Yusuf Nomor 12, Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga, disambut hangat oleh penjaga toko dan masyarakat sekitar.

Pada saat kunjungan, Anies mengatakan, ia suka dengan makanan khas Kendari, salah satunya ialah kacang mete. Kacang mete itu menurutnya mempunyai rasa yang khas Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Video: Anies Disambut Warga Minta Bebaskan Diskriminasi Perusahaan Tambang Torobulu

“Kacang mete ini punya rasa khas dari Sulawesi Tenggara dan packagingnya itu sangat bagus, jadi bisa menjangkau pasar nasional maupun internasional,” kata Anies, setelah menyicipi kacang mete olahan masyarakat Kota Kendari.

Di kesempatan yang sama, Anies Baswedan juga tertarik melihat pakaian hasil tenun khas Sulawesi Tenggara, apalagi dengan packaging yang menarik konsumen.

“Sarung tenun, tenun ini bagus sekali, khas Sultra, termasuk mereka sudah menyiapkan packaging yang sangat rapi. Ini buat suami-istri, karya tradisional yang mencerminkan nilai budaya dengan packaging standar modern,” pujinya lagi.

Anies Baswedan berharap jika ia terpilih menjadi presiden di tahun 2024 ini, salah satu program yang ia akan jalankan adalah membawa program UMKM dan budaya Indonesia ke tataran internasional, baik dari seni penampilan maupun seni karya, agar dunia bisa melihat dan bisa menjangkau pasar yang jauh lebih luas lagi.

Salah satu cara untuk mewujudkan itu ialah harus ditopang dengan manajemen yang lebih baik, permodalan yang lebih baik, serta manajemen produksi yang baik, agar bisa berkelanjutan terus menerus.

Baca Juga: Anies Janji Bawa UMKM Sulawesi Tenggara ke Tingkat Nasional

Mantan Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, saat mendampingi Anies Baswedan mengatakan, potensi UMKM Kota Kendari sangat luar biasa.

“Potensinya sangat luar biasa, tinggal bagaimana regulasi dan keberpihakan dari pada pemerintah. Dan tadi kita sudah mendengarkan apa yang disampaikan calon presiden kita jika nanti terpilih menjadi presiden, maka ini akan dibawa ke tingkat internasional. Dan itu yang masyarakat tunggu-tunggu termasuk saya mantan Gubernur Sulawesi tenggara,” jelas Ali Mazi.

Di akhir kunjungannya, Anies Baswedan membeli oleh-oleh khas Kendari seperti kain tenun dan membeli 10 bungkus kacang mete oven, 10 bungkus kacang mete pedas, 5 bungkus keripik varian jintan hitam, 5 bungkus keripik mete ori, 3 lembar kaos Kendari, 2 lembar sarung Buton, 2 set sarimbit kain Tolaki setelan, dan 1 lembar kain khas Tolaki. (B)

Penulis: Nur Aziza

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga