Logo Telisik.id

Belum Ada Kepastian, Kemenag Kendari Tetap Siapkan Pemberangkatan Haji 2021

589 dibaca Belum Ada Kepastian, Kemenag Kendari Tetap Siapkan Pemberangkatan Haji 2021

Pelaksana haji ditengah pandemi. Foto: Repro Kompas.com

" Bahkan Kartu Kesehatan Jemaah Haji (KKJH) kita sudah scan."

KENDARI, TELISIK.ID - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari telah melakukan beberapa serangkaian persiapan haji 2021.

Persiapan yang dilakukan sesuai permintaan Mentri Agama Menag RI Yaqut Cholil Qoumas, meski masih menunggu keputusan resmi Kerajaan Arab Saudi.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, Kemenangan Kota Kendari, H Sunardin mengatakan, ada 563 Calon Jemaah Haji (CJH) yang sudah dipersiapkan keberangkatannya.

Beberapa persiapan yang sudah diselesaikan diantaranya, dokumen paspor CJH dan suntikan vaksin meningitis oleh Dinas Kesehatan kepada seluruh 563 CJH sudah selesai.

"Bahkan Kartu Kesehatan Jemaah Haji (KKJH) kita sudah scan," kata H Sunardin, Selasa (6/4/2021).

Persiapan lainnya, manifes kelompok terbang (Kloter) I CJH yang jumlahnya 450 orang sudah disusun.

Kemudian, CJH sudah melaksanakan manasik mandiri.

Terakhir yang tengah dilakukan, pihaknya mendorong CJH untuk melakukan vaksinasi COVID-19.

Saat ini, lanjut Sunardin, 85 persen dari 198 CJH yang usianya di atas 60 tahun terkonfirmasi sudah melaksanakan vaksinasi.

April mendatang, CJH di bawah 60 tahun akan mengikuti vaksinasi. Namun, pihaknya masih menunggu bagaimana regulasi Kementerian Kesehatan.

Baca Juga: Tak Ditemui Anggota Dewan, Massa Mahasiswa Jebol Pagar DPRD Sumut

"Hal-hal itulah (rangkaian persiapan) yang kami respon dari kebijakan pak Menteri Agama untuk kami di daerah mempersiapkan segala sesuatunya, manakalah Pemerintah Arab Saudi  membuka bahwa Indonesia mendapatkan kuota," jelas Sunardin.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan optimis peluang keberangkatan jemaah Indonesia pada penyelenggaraan haji 1442H/2021M masih terbuka.

Optimisme ini menurut Menag Yaqut didasarkan beberapa hal, di antaranya telah dilakukannya vaksinasi COVID-19 di Arab Saudi sebagaimana juga telah dilakukan di Indonesia.

“Otoritas Arab Saudi juga telah menyatakan akan membuka penerbangan internasional pada 17 Mei 2021. Situasi ini lebih positif dibandingkan tahun lalu yang menutup penerbangan luar negeri, tak terkecuali selama musim haji 2020,” tutur Menag, dilansir dari Kemenag.go.id. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Fitrah Nugraha

Post Tags:

Copyright © 2019 telisik.id . All rights reserved.

Main Menu

Beranda

Rubrik

News
Metro
Kasus
Peristiwa
Sosok
Cerita
Sehat
Foto
Video