Belum Dilantik, PPS di Muna Sudah Malas

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 24 Januari 2023
0 dilihat
Belum Dilantik, PPS di Muna Sudah Malas
PPS Pemilu 2024 se-Kabupaten Muna yang lulus seleksi CAT dan wawancara, dilantik hari ini, tapi banyak yang datang terlambat bahkan absen. Foto: Sunaryo/Telisik

" 450 PPS dlantik pada Selasa (24/1/2023) hari ini. Sayangnya, banyak PPS yang absen dan terlambat hadir saat pelantikan "

MUNA, TELISIK.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muna telah mengumumkan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 hasil seleksi Computer Assisted Test (CAT) dan wawancara.

Untuk 150 desa/kelurahan, PPS yang dibutuhkan sekitar 450 orang. Badan Ad hoc itu dlantik pada Selasa (24/1/2023) hari ini. Sayangnya, dalam proses pelantikan, masih banyak PPS yang absen dan terlambat hadir.

Hal tersebut memicu reaksi Komisioner KPU, Yuliana Rita. Ia mencak-mencak, karena PPS belum lengkap yang hadir.

"Kalian ini belum dilantik sudah malas. Bilang kalau mau ditertibkan," kata Yuliana.

PPS yang terlambat hadir berasal dari berbagai kecamatan. Di antaranya, Kecamatan Katobu, Lasalepa, Batalaiworu, Kontukowuna dan Marobo.

Baca Juga: Jelang Tes Wawancara Calon PPS di Muna Barat Wajib Tahu Kepemiluan

"Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) harus bertanggung jawab," tegas Yuliana Rita.

Para PPS itu diminta hadir sekira pukul 08.00 Wita. Namun, hingga pukul 09.30 Wita, masih banyak yang absen.  

Baca Juga: Peserta Calon PPS Protes Ada yang Tak Ikut Tes Tertulis Tapi Lulus, KPU Kendari Bilang Begini

Malasnya PPS yang belum dlantik memantik perhatian dari sejumlah PPS. Kata mereka, bila tidak bersedia dilantik, mending diganti.

"Masih banyak calon PAW. Kita jauh-jauh hadir mulai pukul 08.00 Wita," celetuk salah seorang PPS yang duduk di bagian tengah.

Meski masih banyak PPS yang tidak hadir, pelantikan tetap dilaksanakan. Pelantikan dihadiri oleh Bupati LM Rusman Emba, Ketua DPRD Irwan, Ketua Bawaslu Al Abzal Naim dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga