Belum Masuk Kampanye Baliho Caleg di Muna Barat Ditertibkan

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 14 November 2023
0 dilihat
Belum Masuk Kampanye Baliho Caleg di Muna Barat Ditertibkan
Penertiban APS caleg yang dilakukan oleh Bawaslu bersama Satpol PP Muna Barat di wilayah Kusambi Raya. Foto: Ist.

" Puluhan baliho calon legislatif (caleg) terpasang di sepanjang jalan, membuat Bawaslu bersama Satpol PP Muna Barat lakukan penertiban "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Puluhan baliho calon legislatif (caleg) terpasang di sepanjang jalan, membuat Bawaslu bersama Satpol PP Muna Barat lakukan penertiban.

Penertiban baliho itu dilaksanakan terlebih dahulu di wilayah Kusambi Raya yang dipimpin langsung oleh Kordiv Hukum Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Muna Barat, Karman. Ia mengatakan, alasan baliho itu diturunkan sebab KPU Muna Barat saat ini belum menentukan masa tahapan kampanye bagi caleg.

"Penertiban ini melibatkan personel dari Bawaslu, Panwascam, Panwas kelurahan/desa serta aparat Satpol PP," ungkapnya, Selasa (14/11/2023).

Baca Juga: Assessment JPTP Terbuka Muna Barat Digelar di Polda Sulawesi Tenggara

Karman katakan, caleg belum diperbolehkan untuk memasang alat peraga sosialisasi (APS) yang menyerupai alat peraga kampanye (APK), sesuai dengan kesepakatan bersama KPU Muna Barat dan pimpinan partai politik pada 2 November 2023 lalu.

Dalam kesepakatan bersama itu, ditetapkan pada 4-10 November APS yang menyerupai APK tersebut akan diturunkan secara mandiri oleh parpol maupun caleg, deadline penurunan baliho dan spanduk yaitu 10 November 2023.

Namun sangat disayangkan, masih ada baliho yang belum diturunkan, maka pihaknya berkoordinasi dengan Pemda Muna Barat dalam hal ini Satpol PP untuk menertibkan baleho tersebut.

Selanjutnya, penertiban itu akan berlangsung selama dua hari yakni di tiga wilayah besar meliputi Kusambi Raya, Lawa Raya dan Tiworo Raya.

Sehingga saat ini pihaknya fokuskan di wilayah Kusambi Raya, di mana baliho yang akan ditertibkan berjumlah sekitar 248 baliho.

Baca Juga: 18 PPPK Muna Barat Dilantik, Pj Bupati Tekankan Patuhi 10 Budaya Malu ASN

"Insya Allah besok kita lanjutkan di wilayah Lawa Raya dan Tiworo Raya," ucapnya.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri, membenarkan persoalan penertiban APK itu. Pihaknya telah menyiapkan Satpol PP yang di-back up oleh TNI/Polri untuk bersama-sama menertibkan APK.

"Kita tunggu hingga 10 November. Bila tidak diturunkan secara mandiri, maka kita yang turunkan," tegasnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga