adplus-dvertising

Benarkah Air Hangat dapat Mengecilkan Pori yang Membesar pada Wajah? Simak Penjelasannya

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Sabtu, 20 Februari 2021
6944 dilihat
Benarkah Air Hangat dapat Mengecilkan Pori yang Membesar pada Wajah? Simak Penjelasannya
Ilustrasi pori-pori pada wajah. Foto: Repro google.com

" Sebenarnya ukuran pori itu secara alami terbentuk menyesuaikan dengan kelenjar minyak yang ada pada wajah, semakin banyak minyak di wajah maka pori akan terlihat semakin besar. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi produksi minyak di wajah. Pertama faktor makanan seperti makanan berminyak, makanan pedas atau makanan panas lalu faktor hormonal dan faktor lingkungan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebenarnya air hangat tidak bekerja untuk mengecilkan pori-pori pada wajah. Panasnya air hanya merilekskan kulit dan membuka pori-pori, sehingga membantu menghilangkan minyak berlebih, yang dapat mengakibatkan komedo dan jerawat.

Melansir Halodoc, ketika pori-pori tersumbat, mengompresnya dengan air hangat hanya akan membuka pori-pori dan menghilangkan kotoran penyebab tersumbat.

Dalam hal ini air hangat tidak membantu mengecilkan pori-pori pada wajah Anda, tapi hanya membuka pori serta membuat kulit wajah dibersihkan dari minyak, kotoran, dan bakteri yang menempel pada sel kulit mati.


Ada beberapa cara mengecilkan pori-pori wajah yang membesar seperti, membersihkan wajah secara rutin sebanyak dua kali sehari, yaitu di pagi dan malam hari sebelum tidur.

Saat membersihkannya pun, Anda harus memastikan sabun pembersih wajah yang digunakan sesuai dengan jenis kulit dan bersifat non-comedogenic.

Baca juga: 5 Penyakit Akibat Angin Malam, Rematik hingga Kematian

Selanjutnya, menggunakan pelembap untuk mengatasi masalah pori-pori besar pada wajah, Oleh karena itu, gunakan selalu pelembap setiap usai membersihkan wajah.

Pelembap wajah yang digunakan sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit. Misalnya Anda memiliki kulit berminyak, maka sebaiknya pilih pelembap yang ringan dan berbahan dasar air.

Selain itu, mengonsumsi makanan sehat juga salah satu cara alami yang bisa mengecilkan pori-pori wajah.

Seperti mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen agar elastisitas kulit bisa membaik dan pori-pori tampak mengecil.

Hindari makanan yang tinggi lemak dan minyak tidak sehat, sebab hal itu membuat pori-pori tersumbat dan memicu pori-pori besar pada wajah.

Baca juga: Mana yang Lebih Baik, Olahraga Pagi atau Malam?

Dalam salah satu kesempatan, seorang tenaga kesehatan, dr. Inayah mengungkap, untuk memperkecil pori-pori harus mengurangi makanan-makanan tersebut, hindari stress, diet yang sehat dan olahraga teratur.

“Sebenarnya ukuran pori itu secara alami terbentuk menyesuaikan dengan kelenjar minyak yang ada pada wajah, semakin banyak minyak di wajah maka pori akan terlihat semakin besar. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi produksi minyak di wajah. Pertama faktor makanan seperti makanan berminyak, makanan pedas atau makanan panas lalu faktor hormonal dan faktor lingkungan,” jelas perempuan cantik yang akrab disapa dr. Naya.

Kemudian, pastikan pula Anda mengonsumsi air putih yang cukup, setidaknya dua liter per hari. Konsumsi air putih yang cukup tidak hanya dapat membuat kulit menjadi lembap dari dalam, tapi juga dapat menghilangkan racun dan kotoran di dalam pori-pori, sehingga membuatnya tampak lebih kecil.

Cara tersebut bisa dibilang cukup mudah untuk mengecilkan pori-pori wajah. Namun, wajah tanpa pori-pori besar tidak bisa didapat hanya dengan perawatan yang sesekali.

Dibutuhkan setidaknya tiga bulan untuk bisa melihat hasilnya. Jadi, cara ini harus diterapkan dengan disiplin. (C)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga