adplus-dvertising

Benarkah Air Kelapa Dapat Atasi Alergi? Ini Penjelasannya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 04 Agustus 2022
225 dilihat
Benarkah Air Kelapa Dapat Atasi Alergi? Ini Penjelasannya
Air kelapa memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Foto: Repro tribunnews.com

" Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami seseorang adalah alergi, khususnya terhadap makanan tertentu "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami seseorang adalah alergi, khususnya terhadap makanan tertentu.

Biasanya ketika alergi, muncul rasa gatal dan bintik kemerahan usai mengonsumsi makanan tertentu. Misalnya aneka seafood hingga kacang-kacangan. Jika kerap mengalami hal tersebut, sebaiknya cegah alergi dengan meminum air kelapa.

Air kelapa juga memiliki manfaat lain bagi tubuh. Kandungan vitamin dan mineralnya berfungsi untuk pengganti cairan tubuh alami yang aman dan sehat.


Terkait hal itu, Prof Ir Ahmad Sulaeman PhD dari Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB) mengatakan, air kelapa memang bisa bermanfaat untuk detoksifikasi dan memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi.

"Kalium ini bisa saja mengurangi reaksi alergi. Sebab, saat ada alergen termasuk makanan penyebab alergi masuk ke tubuh, ada antibodi yang dikeluarkan dan ketika bertemu dengan alergen, bisa timbul efek seperti gatal-gatal," kata Prof Ahmad, dikutip dari detik.com.

Baca Juga: 7 Langkah Efektif Cegah Asma Kambuh

"Air kelapa memang sering jadi antidote (komponen yang bisa melawan reaksi keracunan). Jadi mungkin saja air kelapa bisa membuat alergen tidak aktif sehingga saat bertemu antibodi, tidak timbul reaksi," tambahnya.

Secara fisiologis, dikatakan Prof Ahmad, air kelapa baik bagi tubuh. Baik itu jenis kelapa hijau atau kelapa muda, memiliki kandungan komponen glukosa, kalium, vitamin, dan mineral. Terutama kalium, kandungannya cukup tinggi pada air kelapa.

Baca Juga: Kurang Minum Bisa Jadi Penyebab Gagal Ginjal? Simak Penjelasannya

Sehingga, kerap ditemui di masyarakat air kelapa juga digunakan sebagai cairan isotonik alias cairan pengganti tubuh. Konsumsi air kelapa sebagai pengganti cairan tubuh umumnya dilakukan untuk mencegah dehidrasi akibat diare atau sehabis olahraga. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga