Benarkah Konsumsi Toge Dapat Tingkatkan Kesuburan? Ini Penjelasannya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 29 Agustus 2021
0 dilihat
Benarkah Konsumsi Toge Dapat Tingkatkan Kesuburan? Ini Penjelasannya
Tanaman toge yang siap dikonsumsi. Foto: Repro hellosehat.com

" Tak sedikit pasangan yang saking percayanya, sampai hanya mengandalkan toge dan mengesampingkan prosedur medis agar bisa cepat hamil "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagian masyarakat mempercayai konsumsi toge dapat meningkatkan kesuburan.

Dilansir dari hellosehat.com, toge alias tauge yang umum digolongkan sebagai sayuran ini, sudah dikenal lama sebagai salah satu sumber makanan untuk menambah kesuburan pria.

Selain itu, toge ternyata juga memiliki sejumlah manfaat lain bagi kesehatan.

Selain memiliki rasa yang lezat dan bisa diolah menjadi beragam masakan, taoge atau lebih dikenal dengan toge juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh berkat kandungan gizinya yang cukup lengkap.

Diketahui, toge baik dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan, mengontrol kadar gula darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Bahkan, toge disebut-sebut juga dapat meningkatkan kesuburan sehingga bisa memperbesar peluang terjadinya kehamilan.

Tak sedikit pasangan yang saking percayanya, sampai hanya mengandalkan toge dan mengesampingkan prosedur medis agar bisa cepat hamil.

Dilansir alodokter.com, berikut fakta konsumsi toge untuk meningkatkan kesuburan:

Di dalam toge tersimpan serat, antioksidan, dan beragam nutrisi penting, seperti:

- Protein

- Karbohidrat

- Vitamin, termasuk vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K, dan folat

- Mineral, seperti magnesium, mangan, kalium, fosfor, kalsium, selenium, zinc, dan zat besi

Penelitian telah membuktikan, makanan yang mengandung antioksidan tinggi dapat meningkatkan kesuburan bagi pria maupun wanita.

Pasalnya, antioksidan dapat menghalau efek radikal bebas di dalam tubuh yang dapat mengurangi kualitas spema dan sel telur.

Sementara itu, berbagai nutrisi lain yang terkandung dalam toge, seperti folat, zinc, selenium, vitamin B, dan magnesium, juga diketahui baik untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sperma.

Dilihat dari kandungan nutrisinya, toge memang memiliki potensi untuk meningkatkan kesuburan. Namun sayangnya, hingga saat ini belum ada penelitian yang secara spesifik membuktikan kebenaran manfaat toge tersebut.

Oleh karena itu, kamu dan pasanganmu tidak disarankan untuk hanya mengandalkan toge sebagai penambah kesuburan, ya. Kalian juga perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang lainnya, seperti buah dan sayuran.

Jika ingin mengonsumsi toge, pastikan untuk mencucinya hingga bersih dan mengolahnya hingga benar-benar matang. Pasalnya, toge yang dijual di pasaran mungkin saja mengandung bakteri berbahaya, seperti E.Coli dan Salmonella.

Baca Juga: Tidur Mengenakan Bra atau Tidak, Manakah yang Lebih Baik?

Baca Juga: Waspadai Pre-Eklamsia, Penyebab Kematian Tertinggi pada Ibu dan Bayi

Cara Tepat Meningkatkan Kesuburan agar Cepat Hamil

Alih-alih mengandalkan toge, kamu dan pasanganmu bisa menerapkan cara meningkatkan kesuburan yang tepat dan lebih terbukti seperti di bawah ini agar bisa cepat hamil:

- Konsumsi makanan bergizi seimbang yang terdiri dari buah, sayuran, ikan, telur, susu, daging, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

- Rutin berolahraga.

- Cukupi waktu istirahat, yaitu dengan tidur selama 7–9 jam setiap malam.

- Kelola stres dengan baik.

- Hindari makanan yang mengganggu sistem reproduksi, seperti makanan cepat saji, ikan tinggi merkuri, serta makanan tinggi lemak jenuh dan gula.

- Batasi konsumsi kafein.

- Hentikan kebiasaan yang kurang sehat, seperti merokok dan minum minuman beralkohol.

- Konsumsi vitamin prenatal.

- Jangan lupa juga untuk melakukan hubungan seks secara teratur, terutama ketika kamu atau pasanganmu sedang berada di masa subur.

Di samping itu, kalian juga dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin sebelum memulai program hamil. Hal ini dilakukan guna mendeteksi apakah kamu atau pasanganmu memiliki masalah tertentu yang mengganggu kesuburan.

Jika kamu atau pasanganmu tak kunjung hamil setelah 1 tahun melakukan upaya meningkatkan kesuburan, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga