Beragam Hujan di Planet Lain, dari Hujan Berlian hingga Hujan Asam

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 24 Oktober 2022
0 dilihat
Beragam Hujan di Planet Lain, dari Hujan Berlian hingga Hujan Asam
Jupiter, Saturnus, dan Neptunus ketiga planet tersebut adalah planet gas. Di tiga planet ini, hujan turun dalam bentuk berlian berdiameter 1 centimeter. Foto: Repro Merahputih.com

" Hujan tidak hanya terjadi di planet Bumi saja, di planet lain bahkan memiliki hujan dengan karakteristiknya masing-masing "

KENDARI, TELISIK.ID - Kita mengenal hujan air di Indonesia, dan beberapa wilayah lainnya mengalami hujan salju. Hujan air memiliki manfaat bagi makhluk hidup, seperti manusia, tumbuhan dan hewan. Dengan adanya hujan air juga membantu bumi dari kekeringan.

Namun peristiwa hujan air tidak hanya terjadi di planet Bumi saja, di planet lain bahkan memiliki hujan dengan karakteristiknya masing-masing, seperti apa penampakan hujan di planet lain?

Berikut ini beberapa karakteristik hujan di planet lain, antara lain:

1. Venus

Melansir Idntimes.com, hujan di Venus tidak berbentuk air bersih, melainkan hujan asam. Ini terjadi karena awan di planet Venus terbuat dari asam sulfat. Alhasil, ketika air masuk pun akan bercampur dengan sulfur dioksida dan berubah jadi hujan asam.

Suhu di planet Venus rata-rata mencapai 462 derajat celcius. Dengan suhu setinggi itu, apa pun yang berbentuk cair akan menguap sebelum bisa mencapai permukaan, termasuk hujan asam.

Baca Juga: Bersiap Ganti Baru, Berikut HP iPhone yang Tak Bisa Pakai Whatsapp Mulai Besok

2. Mars

Planet keempat dari tata surya ini memiliki hujan, namun awan kristal es menghadapi kondisi kering dan dingin sehingga tetesan hujan ini tidak sampai terjadi.

3. Planet HD 189733b

Dikutip dari Merahputih.com, HD 189733b merupakan planet ekstrasuraya yang memiliki jarak 63 tahun cahaya dari tata surya. Pertama kali ditemukan pada tahun 2005. Di planet ini terjadi hujun kaca. Hal ini dikarenakan suhu panas yang membuat permukaan kering sehingga memungkinkan atmosfernya membentuk magnesium silikat (MgSiO3) atau disebut kaca.

4. Jupiter, Saturnus, dan Neptunus

Jupiter, Saturnus, dan Neptunus ketiga planet tersebut adalah planet gas. Di tiga planet ini, hujan turun dalam bentuk berlian berdiameter 1 sentimeter. Ini karena di bagian atas atmosfer, petir 10.000 kali lebih terang dan kuat dibandingkan dengan Bumi.

Petir mengubah gas metana jadi awan jelaga, namun tekanan yang kuat pada akhirnya membuat awan jelaga turun sebagai berlian. Tapi sama seperti Venus, hujan berlian tidak pernah sampai ke permukaan dan berubah menjadi helium cair.

Baca Juga: Deretan Fakta Unik dan Aneh Eksoplanet, Planet di Luar Tata Surya

5. Planet COROT-7b

Planet COROT-7b adalah planet berbatu seperti Bumi kita. Namun saking berbatunya, hujan yang turun di sana pun bukan air melainkan kerikil-kerikil kecil. Yes, planet COROT-7b ini memiliki hujan batu. Ini karena atmosfer planet COROT-7b terdiri dari bahan-bahan yang sama dengan yang dimiliki oleh batu di antaranya adalah besi, silikon monoksida natrium, dan kalium.

Hujan merupakan salah satu sumber kehidupan, namun yang menjadi perbedaan hujan di planet lain dengan yang ada di Bumi salah satunya adalah kandungan atmosfer yang dimiliki pada masing-masing planet tak sama. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga