Beredar Calon Pj Wali Kota Kendari, Usulan Kemendagri Sama dengan DPRD

Musdar, telisik indonesia
Rabu, 14 September 2022
0 dilihat
Beredar Calon Pj Wali Kota Kendari, Usulan Kemendagri Sama dengan DPRD
Sebanyak 5 nama calon pengganti Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir sebagai Pj wali kota beredar di media sosial. Foto: Ist.

" Sejumlah nama calon Pj Wali Kota Kendari usulan Kemendagri, Pemrov Sulawesi Tenggara dan DPRD Kota Kendari, beredar di media sosial "

KENDARI, TELISIK.ID - Sejumlah nama calon Pj Wali Kota Kendari usulan Kemendagri, Pemrov Sulawesi Tenggara dan DPRD Kota Kendari, beredar di media sosial.

Dari informasi yang beredar di pesan WhatsApp, DPRD mengusulkan Kepala Biro Umum Kemendagri, Asmawa Tosepu, Direktur Pengelolaan Logistik dan Peralatan BNPB, Nadirah Saha Nur dan mantan Sekda Kota Kendari, Nahwa Umar.

Sedangkan Pemprov Sulawesi Tenggara mengusulkan Kepala Biro Kesra Setda, Yusmin, Kepala Dinas Kominfo, Ridwan Badallah dan Kepala Biro Umum Kemendagri, Asmawa Tosepu.

Kemudian usulan Kemendagri dari informasi yang beredar, sama seperti DPRD Kota Kendari. Jika ditotal, ada 5 nama yang menjadi usulan calon Pj Wali Kota Kendari dari 3 lembaga tersebut.

Baca Juga: Demo Kenaikan BBM, Mahasiswa Sandera Truk Kontainer

Ketua DPRD Kota Kendari Subhan saat dikonfirmasi mengungkapkan, pihaknya sudah menyerahkan tiga nama calon Pj Wali Kota Kendari yang diusulkan DPRD ke Kemendagri.

Hal itu berdasarkan surat DPRD Kota Kendari Nomor 171.1/373/2022. Dalam surat tertanggal 12 September 2022 itu, ditandatangani langsung Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan dan ditujukan kepada Menteri Dalam Negeri RI.

Tiga nama yang beredar sama seperti yang diusulkan.

Pemprov melalui Kepala Biro Pemerintahan Setda Sulawesi Tenggara, Muliadi mengungkapkan, hingga kini Pemprov belum menyerahkan tiga nama ke Kemendagri.

"Kami sampai hari ini belum ke Jakarta terkait pengusulan, kami masih menunggu petunjuk pimpinan terkait nama-nama yang akan diusulkan," ucapnya, Rabu (14/9/2022).

Kendati begitu, Gubernur Ali Mazi segera mengirim usulan nama calon Pj Wali

Baca Juga: Lowongan Kerja Kendari: Dibutuhkan Tenaga Kerja di Kochi Kendari, Buruan Daftar

Kota Kendari ke Kemendagri. Sesuai petunjuk teknis, batas akhir pengusulan sampai 16 September 2022.

Calon Pj wali kota yang diusulkan masing 3 nama, mulai dari DPRD, Pemprov dan Kemendagri. Selanjutnya akan dikerucutkan menjadi 3 nama dan dirapatkan di sidang TPA bersama sejumlah kementerian dan lembaga.

Seperti diketahui, jabatan Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir akan berakhir pada 9 Oktober 2022. Selanjutnya akan diganti dengan Pj wali kota. (B)

Penulis: Musdar

Editor: Kardin

Baca Juga