Beredar Minuman Milku Mengandung Formalin, Ini Kata BPOM Kendari

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 27 Mei 2023
0 dilihat
Beredar Minuman Milku Mengandung Formalin, Ini Kata BPOM Kendari
Sempat dibagikan melalui pesan grup Whatsapp dan dijadikan story, yang menyebut jika minuman susu Milku mengandung formalin, informasi tersebut hoaks dan telah dilakukan hasil lab. Foto: Kolase

" Sempat viral di beberapa grup Whatsapp terkait minuman yang diduga berformalin, yakni Milku. Milku merupakan susu kemasan yang dikeluarkan oleh Wings food, di mana Milku sendiri terbuat dari susu sapi Belgia "

KENDARI, TELISIK.ID - Sempat viral di beberapa grup Whatsapp terkait minuman yang diduga berformalin, yakni Milku. Milku merupakan susu kemasan yang dikeluarkan oleh Wings food, di mana Milku sendiri terbuat dari susu sapi Belgia.  

Beredar kabar jika susu Milku mengandung formalin, dan berbahaya jika dikonsumsi. Dari informasi beredar, banyak yang menjadikan kabar tersebut sebagai story Whatsapp yang berbunyi sebagai berikut.

"Sebagai bahan laporan bapak ibu wali, kemarin dari pihak Puskesmas 2 melakukan pemeriksaan uji Lab pada jajanan anak. Ditemukan 1 produk minuman berBPOM yang didalamnya mengandung Formalin, yaitu Milkku. Jika dikonsumsi 1 atau 2 kali TDK memberikan efek tapi jika dikonsumsi berkali2 akan menyebabkan gagal ginjal, jadi mohon untuk diawasi jajannya anak2. Dan mohon dukungannya supaya terealisasi kantin di dalam sekolah," tulis dalam story Whatsapp.

Baca Juga: BKKBN Sulawesi Tenggara Optimalkan Tim Satgas Percepatan Penurunan Stunting

Namun, saat dikonfirmasi, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kendari, Yoseph Nahak Klau tak mengangkat telepon, beberapa menit kemudian ia membalas pesan Whatsapp kami dengan menyebut, jika hal tersebut adalah hoaks. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari hasil uji lab kesehatan yang berasal dari Pemerintah Kabupaten Sukoharjo.

"Di atas hasil ujinya untuk mengklarifikasi, sehingga tidak membuat ketakutan," jawabnya melalui pesan  Whatsapp.

Namun, informasi itu sudah dibagikan di berbagai grup Whatsapp dan beberapa orang menarik pesan yang telah dikirim di beberapa grup tersebut.

Seperti yang diungkapkan Nuraida, jika membagikan informasi tersebut untuk berhati-hati. Namun kembali menarik pesannya setelah mengetahui informasi tersebut adalah hoaks dan pesan berantai yang beredar.

Baca Juga: Ayah Asuh Berperan Aktif dalam Program Penanganan Anak Stunting

"Rawan sekali informasi sekarang kalau tidak dicek dan telusuri," ungkapnya pada Telisik.id, Sabtu (27/5/2023).

Selain itu, berdasarkan dari hasil lab yang diperoleh, susu Milku sama sekali tak mengandung alkohol, hasil lab sendiri telah ditandatangani sejak 12 Mei 2023 lalu di UPTD Laboratorium Kesehatan Kabupaten Sukoharjo, namun baru beredar di grup Whatsapp pada 26-27 Mei 2023. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga