Beredar Video Jokowi Ciptakan Kerumunan Massa di NTT

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 24 Februari 2021
0 dilihat
Beredar Video Jokowi Ciptakan Kerumunan Massa di NTT
Jokowi disambut kerumunan massa di NTT. Foto: Repro Instagram @buddycsbarts

" Kebetulan mobil yang digunakan Presiden atapnya dapat dibuka, sehingga Presiden dapat menyapa masyarakat, sekaligus mengingatkan penggunaan masker. Karena kalau diperhatikan, dalam video tampak saat menyapa pun Presiden mengingatkan warga untuk menggunakan masker dengan menunjukkan masker yang digunakannya. "

MAUMERE, TELISIK.ID - Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Maumere, Nusa Tenggara Timur pada Selasa (23/3/2021) kemarin, mengundang kerumunan massa.

Hal tersebut diketahui melalui video yang direkam oleh warga setempat, dan telah beredar di media sosial. Kejadian tersebut menuai kritik, lantaran kunjungan Jokowi ciptakan kerumunan massa saat pandemi COVID-19.

Dalam video tersebut, terlihat kerumunan warga yang menyemut di sekitar iring-iringan mobil Presiden Jokowi.

Masyarakat setempat ramai melambaikan tangan ke arah presiden. Jokowi pun merespons sambutan warga dengan membuka sebagian pintu mobilnya, kemudian membalas lambaian tangan ke arah masyarakat.

Terlihat juga Presiden melemparkan cinderamata ke arah kerumunan warga.

Baca juga: 6 Kementerian Ini Belanjanya Paling Tinggi di 2021

Kejadian tersebut dinilai berpotensi melanggar protokol kesehatan karena justru menimbulkan kerumunan.

Apalagi jumlah massa yang berkerumun terlihat cukup masif dan tanpa ada jeda jarak antarwarga.

Merespons video yang tersebar ini, pihak istana membenarkan bahwa video tersebut direkam saat kunker Presiden di Maumere, NTT.

Presiden memang menuju Kabupaten Sikka, untuk meresmikan Bendungan Napun Gete, Selasa (23/2/2021).

"Benar itu video di Maumere. Setibanya di Maumere, Presiden dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Bendungan Napun Gete. Saat dalam perjalanan, masyarakat sudah menunggu rangkaian di pinggir jalan, saat rangkaian melambat masyarakat maju ke tengah jalan sehingga membuat iring-iringan berhenti," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin saat dikonfirmasi dikutip dari Suara.com jaringan Telisik.id.

Baca juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Resmi Dibuka, Ini Cara Daftarnya

Mengenai tindakan Presiden Jokowi yang terlihat menyambut warga dan seolah membenarkan kerumunan yang terjadi, Bey menekankan bahwa sikap presiden murni spontanitas untuk menghargai antusiasme masyarakat yang menyambut.

Presiden pun, ujar dia, tetap mengingatkan warga untuk menaati protokol kesehatan, khususnya mengenakan masker.

"Kebetulan mobil yang digunakan Presiden atapnya dapat dibuka, sehingga Presiden dapat menyapa masyarakat, sekaligus mengingatkan penggunaan masker. Karena kalau diperhatikan, dalam video tampak saat menyapa pun Presiden mengingatkan warga untuk menggunakan masker dengan menunjukkan masker yang digunakannya," kata Bey.

Terkait pembagian suvenir pun, Bey menjelaskan bahwa hal itu juga bentuk spontanitas Presiden dalam menghargai antusiasme warga. Suvenir yang dibagikan juga diharapkan bermanfaat untuk warga, yakni buku, kaos, dan masker.

"Itu spontanitas Presiden untuk menghargai antusiasme masyarakat, suvenirnya itu buku, kaos, dan masker. Tapi poinnya, Presiden tetap mengingatkan warga tetap taati protokol kesehatan," kata Bey. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga