Berhijab Lebih Mudah Berketombe? Begini Cara Mengatasinya

Sasmiraza, telisik indonesia
Kamis, 09 September 2021
0 dilihat
Berhijab Lebih Mudah Berketombe? Begini Cara Mengatasinya
Keramas secara teratur dapat mengatasi ketombe pada kulit kepala. Foto: Repro Google.com

" Ketombe biasanya ditandai dengan kulit kepala berminyak, bintik putih di sekitar rambut, hingga kepala terasa gatal "

KENDARI, TELISIK.ID - Tak hanya merusak penampilan, ketombe di kepala tentu membuat Anda sangat tidak nyaman. Sebab ketombe biasanya juga disertai dengan rasa gatal di kulit kepala.

Pada wanita berhijab, kemungkinan muncul ketombe semakin meningkat, karena kondisi kepala yang tertutup sepanjang hari. Maka dari itu, perawatan rambut wanita berhijab penting sekali dilakukan.

Ketombe biasanya ditandai dengan kulit kepala berminyak, bintik putih di sekitar rambut, hingga kepala terasa gatal.

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab ketombe, seperti kulit kering, iritasi, jarang keramas, salah memilih produk sampo, panas dan cuaca lembap juga termasuk penyebab munculnya ketombe.

Melansir Halodoc.com, untuk mengobati dan menghindari ketombe, harus dimulai dengan kebiasaan dan pemilihan perawatan yang tepat. Bagaimana cara mengatasi ketombe bagi wanita berhijab? Simak yuk!

1. Pilih Jenis Kain Hijab yang Tepat

Ini adalah hal penting untuk mencegah dan mengatasi ketombe pada rambut berhijab. Memilih bahan kain hijab sering luput dari perhatian wanita berhijab, hanya karena sedang trend pemilihan bahan hijab jadi tidak tepat dan masalah ketombe jadi taruhannya.

Hijab berbahan katun atau sutra bisa kamu pilih, karena bahan ini tetap dapat membantu menjaga sirkulasi udara yang baik ke area kepala. Dengan begitu kamu tidak mudah berkeringat, dan membantu mencegah kulit kepala menjadi gatal dan muncul ketombe.

Selain itu, kamu perlu cermat dalam merawat hijab agar tidak menjadi pemicu ketombe:

• Ganti hijab dan dalaman hijab secara teratur. Karena ini bersentuhan langsung dengan rambut dan kulit kepala sehingga mudah kotor.

• Jangan kenakan hijab terlalu ketat. Karena ini akan menghalangi sirkulasi udara

2. Keramas Secara Rutin

Jika sudah memutuskan mengenakan hijab, maka kamu harus rutin keramas.

Keramas menjadi cara efektif mencegah ketombe pada wanita berhijab. Produksi minyak kulit kepala adalah hal yang normal.

Namun, apabila tidak rutin dibersihkan, minyak kepala akan menumpuk di kulit dan terperangkap bersama kotoran dan kuman. Inilah yang akan menyebabkan munculnya ketombe. Jadi, jangan sepelekan keramas, ya!

3. Pilih Sampo yang Tepat

Hal ini juga harus jadi perhatian khusus, terutama jika kamu memiliki kulit kepala berminyak.

Sebisa mungkin keramaslah tiap hari supaya minyak di kepala tidak menumpuk. Kamu juga perlu memilih dan menggunakan produk sampo yang sesuai dengan jenis kulit kepala.

Pastikan jenis sampo yang kamu pilih memiliki kandungan zinc pyrithione. Ini adalah kandungan zat antibakteri dan antijamur yang bermanfaat untuk mengurangi jamur di kulit kepala yang menyebabkan ketombe.

Baca Juga: 4 Ramuan Berkhasiat, Rekomendasi Minum Sebelum Tidur

Baca Juga: Bahaya, Jangan Parkir Kendaraan di Tempat Ini Saat Hujan

4. Keringkan Rambut Sebelum Mengenakan Hijab

Kelalaian ini sering dilakukan wanita berhijab, yaitu langsung mengenakan hijab saat rambut belum sepenuhnya kering.

Sebaiknya, sebelum mengenakan hijab, pastikan rambut sudah benar-benar kering. Rambut basah atau lembab dapat menyebabkan kulit kepala lembab dan menjadi salah satu faktor rambut berketombe.

5. Pastikan Kepala Sempat Terpapar Sinar Matahari

Meskipun berhijab, kamu perlu menyempatkan kepala untuk terpapar sinar matahari di pagi hari. Lakukan kebiasaan ini setiap setelah keramas, sebelum mengenakan hijab untuk beraktivitas sepanjang hari. Ingatlah untuk benar-benar mengeringkan rambut secara seksama.

Nah, itulah yang perlu diketahui mengenai kemungkinan ketombe pada rambut berhijab. Pastikan kamu selalu menjalankan langkah pencegahan agar rambut tetap terawat dengan baik. (C)

Reporter: Sasmiraza

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga