Beri Bantuan Dana, Pemprov Sulawesi Tenggara Harap UMKM di Kota Kendari Makin Menjamur

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 31 Juli 2023
0 dilihat
Beri Bantuan Dana, Pemprov Sulawesi Tenggara Harap UMKM di Kota Kendari Makin Menjamur
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulawesi Tenggara, LM Shalihin mengatakan, pihaknya telah menyiapkan program bantuan sebanyak Rp 3,5 miliar ke 1.570 pelaku usaha di Sulawesi Tenggara. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Mendukung pelaku bisnis usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Sulawesi Tenggara, pemprov lakukan bantuan dana "

KENDARI, TELISIK. ID - Mendukung pelaku bisnis usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Sulawesi Tenggara, pemprov lakukan bantuan dana.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulawesi Tenggara, LM Shalihin mengatakan, pihaknya telah menyiapkan program bantuan sebanyak Rp 3,5 miliar sekitar 1.570 pelaku usaha di Sulawesi Tenggara.

Bantuan tersebut melalui Dana Intensif Daerah (DID) 2023 ini diberikan sebesar Rp 2 juta per pelaku UMKM, dan langsung ditransferkan ke rekening masing-masing melalui Bank Pembangunan Daerah (BPD).

Baca Juga: Orientasi Caleg Nasdem, Surya Paloh Sampaikan Hal Ini

"Dengan menggunakan anggaran kurang lebih Rp 3,5 miliar itu memberikan stimulus pelaku UMKM terhadap dampak inflasi resesi saat ini. Sudah sementara terdistribusi dan masuk di rekening masing-masing dari Minggu pertama bulan ini," ujarnya pada beberapa waktu lalu.

Pelaku UMKM yang mendapar bantuan berasal dari kabupaten/kota yang memenuhi syarat dari Dinas Koperasi dan UMKM, kemudian dilakukan verifikasi, jika telah memenuhi syarat, maka bantuan siap diterima.

"Sebenarnya banyak yang bisa kita intervensi tapi karena dana yang tersedia terbatas," tambahnya.

Ia berharap dengan adanya stimulus bantuan tersebut, UMKM bisa bertahan. Ia berpesan bantuan tersebut bisa menambah modal untuk mengembangkan usaha, serta bisa bertahan dengan adanya inflasi perubahan harga dan stok barang.

"Rata-rata pelaku UMKM yang pedagang kecil itu biasanya tahan terhadap inflasi atau perubahan. Kita sadar pelaku UMKM memang kecil tapi banyak. Dengan banyaknya itu bisa menyerap tenaga kerja, membuka lapangan kerja," ucapnya.

Ia juga mengupayakan kerja sama dengan beberapa mitra kerja, seperti pihak bank agar pelaku UMKM ini bisa mengakses Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Baca Juga: Intip Kuota Formasi dan Jurusan Peluang Besar Lolos CPNS September 2023

Salah satu pelaku UMKM, Retno yang memiliki usaha minuman kemasan dengan brand sukurmi factory merasa sangat terbantu dengan adanya bantuan yang diberikan oleh pemerintah.

Bantuan tersebut, ia gunakan untuk mengembangkan dan meningkatkan kapasitas produksi usahanya.

"Alhamdulillah, bantuan tersebut menambah modal usaha saya. Harapan kami para pelaku usaha UMKM terhadap pemerintah yakni agar selalu memperhatikan dan memberikan ruang terhadap pelaku usaha UMKM agar usahanya terus berjalan," ungkapnya pada Telisik.id, Senin (31/7/2023). (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga