Berkas Pencalonan Bacaleg PAN Dikembalikan KPU Sumatera Utara, Ini Sebabnya

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Jumat, 12 Mei 2023
0 dilihat
Berkas Pencalonan Bacaleg PAN Dikembalikan KPU Sumatera Utara, Ini Sebabnya
Pelaksana tugas Ketua PAN Sumatera Utara, Syah Apandin (kanan) ketika ditemui di Kantor KPU Sumatera Utara di Kota Medan. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" KPU mengembalikan berkas pencalonan bakal calon legislatif (bacaleg) dari PAN dikarenakan belum memenuhi ketika mendaftar di kantor KPU Sumatera Utara, Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan (12/5/2023) siang "

MEDAN, TELISIK.ID - KPU mengembalikan berkas pencalonan bakal calon legislatif (bacaleg) dari PAN dikarenakan belum memenuhi ketika mendaftar di kantor KPU Sumatera Utara, Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan (12/5/2023) siang.

Padahal, Pelaksana Ketua DPW PAN Sumatera Utara, Syah Apandin awalnya hadir dengan percaya diri. Bahkan, ratusan kader mengiringi sepanjang jalan protokol menuju kantor penyelenggara pemilu itu.

Komisioner KPU Sumatera Utara Divisi Teknis dan Penyelanggara, Batara Manurung mengaku, berkas pencalonan dan syarat pencalonan bacaleg dari PAN telah dikembalikan.

Baca Juga: PDIP Muna Barat Target 3 Kursi Tiap Dapil

"Iya berkas itu telah dikembalikan. Karena ada yang salah upload dalam silon DPRD tingkat Sumatera Utara," ucapnya.

Batara menyebut, adapun permasalahan yang terjadi sehingga berkas pencantutan itu dikembalikan dikarenakan adanya nama bacalon di dua daerah pemilihan (dapil) di Sumatera Utara.

"Jadi, ada nama bacaleg di dapil VIII, tapi nama bacaleg itu ada juga di dapil VII. Sehingga ganda, itu hanya salah upload saja, sehingga berkas itu kami kembalikan," terangnya.

Pantauan awak media, proses pendaftaran bacaleg dari PAN Sumatera Utara ini berjalan cukup lama. Bahkan, mereka hampir 3 jam berada di dalam kantor KPU itu, yaitu sejak pukul 15:00 WIB sampai pukul 17:30 WIB.

Terpisah, Pelaksana tugas Ketua PAN Sumatera Utara, Syah Apandin ketika dikonfirmasi mengakui adanya pengembalian berkas pendaftar bacaleg itu.

"Iya dikembalikan berkas itu. Ada yang kurang. Hanya salah upload saja. Besok (Sabtu) kami akan kembali lagi, kami akan memperbaiki kesalahan itu," tambahnya.

Baca Juga: Sitti Nurianti, Caleg Dapil III Konawe Optimis Raih 5 Ribu Suara dan Target Ketua DPRD

Bupati Langkat itu mengaku tetap optimis dengan kesalahan yang saat ini terjadi. Mereka akan melakukan rapat di kantor DPD PAN Sumatera Utara di Medan.

"Iya, kami mau rapat dulu ini di kantor. Mudah-mudahan, kesalahan ini tidak terulang kembali," terangnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga