Bersama Kemenpora, Dispora Buton Gencar Lawan Narkoba

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Sabtu, 02 April 2022
0 dilihat
Bersama Kemenpora, Dispora Buton Gencar Lawan Narkoba
Kegiatan penyuluhan dan pencegahan penyalahgunaan narkoba. Foto: Ist.

" Kegiatan tersebut bukan hal baru bagi Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Buton, tapi sudah menjadi program rutin setiap tahunnya "

BUTON, TELISIK.ID - Presiden Republik Indonesia Ir. Djoko Widodo telah mengeluarkan perintah dalam rangka melawan narkoba. Sebagaimana diketahui, Indonesia telah menjadi sasaran peredaran ilegal narkoba internasional.

Menindaklanjuti perhatian serius dari presiden, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buton bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia gencar melakukan penyuluhan pencegahan narkoba di Kabupaten Buton.

Hal tersebut dilaksanakan dalam rangka penguatan peran masyarakat utamanya generasi muda dalam upaya mendukung program pemerintah dalam pemberantasan narkoba.

Untuk.itu, setiap tahun secara rutin dilakukan pembekalan dan penyuluhan pencegahan penyalahgunaan narkoba melalui Sekretariat Nasional Kader Inti Pemuda Anti Narkoba (Setnas Kipan).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buton, Zainuddin Napa menuturkan bahwa kegiatan pelatihan kader inti pemuda anti narkoba dibiayai oleh Kemenpora RI kerja sama dengan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Buton.

Baca Juga: SMKN 1 Kendari jadi Sasaran Penyuluhan P4GN BNNP Sultra

"Kegiatan tersebut bukan hal baru bagi Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten  Buton, tapi sudah menjadi program rutin setiap tahun melakukan penyuluhan pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah-sekolah," jelas Zainuddin Napa, Sabtu (2/4/2022).

Sementara itu Bupati Buton, Drs. La Bakry, M.Si menyampaikan bahwa secara riil narkoba merupakan musuh bagi generasi muda oleh sebab itu harus diperangi secara bersama-sama.

"Narkoba bisa diselendupkan dalam berbagai keadaan dan cara sehingga kita harus terus waspada dengan penyebarannya, khususnya generasi penerus di Kabupaten Buton," tutur La Bakry.

Baca Juga: Konsel Bentuk Tim Gugus Tugas Reforma Agraria

Bupati Buton saat itu juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terus mendorong kegiatan lanjutan tentang bahaya narkoba.

"Pemuda harus bisa membentuk kelompok dan berdiskusi sehingga diharapkan generasi penerus Kabupaten Buton bisa terselamatkan," tambahnya.

Untuk itu, dibutuhkan peran serta masyarakat mulai dari tingkat RT, RW, kelurahan/desa dalam menjaga lingkungan masing-masing agar terbebas dan terhindar dari bahaya penyalahgunaan narkob. (B-Adv)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga