Bersama Media Kawal Transparansi Kinerja Pemda Bombana

Melsandy Wauda, telisik indonesia
Senin, 13 November 2023
0 dilihat
Bersama Media Kawal Transparansi Kinerja Pemda Bombana
Pemaparan program-program pemerintah oleh Pj Bupati Bombana, Burhanuddin. Foto: Ist.

" Pemda Bombana melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) silahturahmi bersama awak media dalam mengawal kinerja pemerintah setempat, Minggu (12/11/2023) malam "

BOMBANA, TELISIK.ID - Pemda Bombana melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) silahturahmi bersama awak media dalam mengawal kinerja pemerintah setempat, Minggu (12/11/2023) malam.

Pada kesempatan itu, Penjabat (Pj) Bupati Bombana, Burhanuddin memaparkan program-program utama yang sedang dilakukan pemerintah untuk menangani isu-isu yang terjadi secara nasional, maupun daerah.

Dalam paparannya, ada prioritas yang sedang dicanangkan Pemerintah Pusat, yaitu penurunan angka stunting, menurunkan inflasi daerah, pelayanan investasi dan kemiskinan ekstrem.

Melalui tageline menata kota dan memberdayakan desa, Burhanuddin telah melakukan banyak perubahan di Ibu kota kabupaten, seperti menempatkan lampu-lampu jalan dan memperbaiki jalan, termasuk memindahkan pasar sore ke pasar sentral yang luas agar pasar menjadi pusat transaksi jual-beli.

Baca Juga: Mantan Penjabat Kades di Bombana Ditangkap, Kasus Korupsi Dana Desa

"Memang banyak tantangan yang saya hadapi, tetapi karena tujuan kita baik, saya tetap konsisten," tutur Burhanuddin.

Untuk pemberdayaan desa, Burhanuddin juga sedang menjalankan program One Village One Product (OVOP) atau yang dikenal sebagai program satu desa satu produk yang sedang dalam proses untuk mengevaluasi bagaimana produk desa tersebut bisa diperjual belikan di pasaran.

"Di samping rujab ini, sementara direhab bangunan untuk dijadikan sebagai supermarket agar produk-produk dari program OVOP ini bisa dikemas dengan packaging yang baik dan menarik," beber Burhanuddin.

Maka dari itu, pemerintah daerah sedang melakukan upaya-upaya untuk menanggulangi masalah tersebut. Untuk masalah inflasi sendiri, Bombana menjadi salah satu dari 10 besar nominasi kabupaten yang inflasinya rendah atau terkendali. Tentunya ini adalah satu hal positif dari pemerintah daerah dalam memajukan Kabupaten Bombana ini.

Bantuan dari berbagai sektor yang telah diupayakan untuk menaikan taraf hidup masyarakat dalam bidang pertanian dan perikanan, juga dalam sektor pembangunan infrastruktur jalan yang beberapa tempat sudah terealisasi dan sedang dalam proses yang berjalan merupakan pembuktian kinerja pemerintah kepada masyarakat Bombana.

Baca Juga: Lantik Dua Pj Kades, Pj Bupati Bombana Ingatkan Jaga Netralitas Jelang Pemilu 2024

Dalam kesempatan itu, ada salah satu usulan tentang kondisi yang memprihatinkan dari segi pendidikan, di mana SDN 111 Sangia Makmur, Kecamatan Kabaena Utara yang kira-kira memiliki 100 siswa yang belajar di bangunan yang tidak layak akibat sekolah mereka terkena bencana banjir dan sampai saat ini belum diperbaiki kembali.

"Waktu itu sudah diperiksa BPK tapi anjuranya harus dipasang lantainya. Akan ada rehabilitas lanjutan karena ini bencana alam," beber Ahmad, selaku pihak Dinas Pendidikan.

Oleh karena itu, Burhanuddin merespon dengan cepat dan segera menghubungi pihak Dinas Pendidikan terkait pembangunan tersebut dengan cara menetapkan anggaran saat itu juga.

Burhanuddin mengatakan, rumah jabatan ini terbuka bagi siapa saja yang datang untuk mendiskusikan hal-hal untuk perbaikan Kabupaten Bombana kedepannya. (B-Adv)

Penulis: Melsandy Wauda

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga