Bersatu Lawan COVID-19, Jangan Sebar Hoax

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 18 April 2020
0 dilihat
Bersatu Lawan COVID-19, Jangan Sebar Hoax
Kapolres Muna, AKBP Debby Asri Nugroho mempimpin apel penanganan COVID-19. Foto: Naryo/Telisik

" Walaupun saat ini di Muna belum ada yang terinfeksi, kita tidak boleh lengah. "

MUNA, TELISIK.ID - Tim Gugus Tugas Pencegahan COVID-19 Kabupaten Muna mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersatu melawan penyebaran virus mematikan itu di Bumi Sowite.

Seruan itu ditegaskan oleh Kapolres Muna, AKBP Debby Asri Nugroho di sela-sela apel gabungan percepatan penanganan COVID-19, Sabtu (18/4/2020).

Debby menegaskan, Tim Satgas harus bahu membahu membantu masyarakat dalam rangka pencegahan penyebaran virus. Persoalan pandemi corona ini, menurutnya, bukan masalah lokal. Namun menjadi masalah global.

"Walaupun saat ini di Muna belum ada yang terinfeksi, kita tidak boleh lengah," katanya.  

Ia juga menekankan pada masyarakat untuk tidak mempercayai informasi-informasi hoax yang berkaitan dengan pandemi. Oleh karenanya, Tim Satgas diharapkan mampu meluruskan setiap informasi yang beredar di tengah-tengah masyarakat maupun di Media Sosial (Medsos).

Baca juga: Satu Pasien Positif COVID-19 Asal Kendari Meninggal di RSUD Bahteramas

"Kita yang tahu informasi pasti, harus menyampaikan sesungguhnya, sehingga tidak menimbulkan bias di masyarakat," pesan'ya.  

Memang, lanjut dia, wabah COVID-19 ini sangat menakutkan. Akan tetapi, bisa dilawan bila mengikuti apa yang menjadi petunjuk pemerintah. Misalnya,  hindari kerumunan, pakai masker dan rajin mencuci tangan.  

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Muna,  La Ode Rimba Sua mengapresiasi kerja Tim Satgas dan seluruh stakeholder dalam melakukan memutus mata rantai COVID-19. Tentunya, Pemkab tidak akan tinggal diam dan terus menerus melakukan penanganan.

"Karena status tanggap darurat diperpanjang hingga 31 Mei, maka dibutuhkan kesigapan kita semua," ujarnya.

 

Reporter: Naryo

Editor: Rani

Baca Juga