Bersiap, Tahun Ini Pesantren Kilat Digelar Lagi

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Kamis, 24 Maret 2022
0 dilihat
Bersiap, Tahun Ini Pesantren Kilat Digelar Lagi
Aktivitas pembelajaran di SMPN 1 Kendari. Foto : Muhammad Ilwanto/Telisik

" Kegiatan kerohanian selama bulan suci ramadan bakal kembali digelar, untuk memberikan pencerahan, dan menebalkan ilmu keagamaan bagi seluruh siswa-sisiwi "

KENDARI, TELISIK.ID - Setelah sempat ditidakan selama dua tahun terakhir, akibat kondisi pandemi COVID-19, kegiatan pesantren kilat di bulan suci ramadan bakal kembali diadakan tahun ini.

Kadis Dikmudora Kendari, Makmur mengatakan, kegiatan kerohanian selama bulan suci ramadan bakal kembali digelar, untuk memberikan pencerahan, dan menebalkan ilmu keagamaan bagi seluruh siswa-sisiwi.

"Sudah dua tahun, kita tidak adakan kegiatan keagamaan selama bulan ramadan, akibat kondisi virus corona. Tahun ini, Alhamdulilah kegiatan rutinitas selama puasa itu sudah bisa kembali digelar, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat tentunya," ungkapnya kepada Telisik.id, Kamis (24/3/2022).

Kata dia, untuk sekarang sementara dipersiapkan segala sesuatunya, agar pelaksanaan pesantren kilat nanti bisa berjalan lancar dan tersistematis, dengan nuansa kental akan keagamaan.

"Dalam waktu dekat ini, kami akan adakan rapat dengan seluruh kepala sekolah, untuk membahas mekanisme pelaksanan pesantren kilat nantinya," jelasnya.

Baca Juga: Bengkel Akhlak MTsN 1 Bombana, Hindari Bullying di Kalangan Siswa

Ketua PGRI Kota Kendari itu menyebutkan, selain kegiatan pesantren kilat, dirinya juga akan memfokuskan kegiatan kerohanian lainnya, yang harus dilakukan oleh para siswa.

"Untuk pesantren kilat itu akan dilaksanakan selama kurang lebih tiga hari. Selepas dari itu, kami juga akan menegasakan kepada sekolah-sekolah, untuk memberikan tugas-tugas tambah kepada siswa, yang mengarah kepada keagamaan, seperti bertadus, mengadakan kegiatan bagi takjil dan lain sebagainya," katanya.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Kendari, Abdul Hamid mengungkapkan, sangat mendukung penuh atas program dan kebijakan yang dilakukan oleh Dikmudora Kendari.

Baca Juga: MAN 1 Kendari Gunakan Aplikasi UAMBN saat Ujian Madrasah

"Yah, pastinya kami akan selalu mendukung, berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak Dinas, terlebih ini menyangkut masalah keagamaan," jelasnya.

Senada dengan itu, kegiatan pesantren kilat ini akan sangat berdampak baik, karena akan memberikan banyak pelajaran dan pengetahuan terutama seputar keagamaan dan lain sebagainya.

"Sangat senang, akhirnya kegiatan pesantren kilat kembali diadakan. Pastinya akan banyak pelajaran dan ilmu yang akan kami raih," ucap salah satu siswa SMPN 1 Kendari. (A)

Reporter: Muhammad Ilwanto

Editor: Kardin

Baca Juga