Bersih-Bersih Teluk Kendari Tunggu Instruksi Gubernur Ali Mazi

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 29 Mei 2023
0 dilihat
Bersih-Bersih Teluk Kendari Tunggu Instruksi Gubernur Ali Mazi
Peserta rapat kegiatan bersih-bersih sampah di kawasan teluk Kendari, peserta kegiatan sendiri berasal dari Kepala Dinas lingkup Kota Kendari, Kabid, beberapa perwakilan mahasiswa pecinta alam serta TNI AL, dan sebagainya. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Pemerintah Provinsi (Pemorov) Sulawesi Tenggara dan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, bersinergi dalam melakukan pembersihan di beberapa titik lokasi dan teluk Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Provinsi (Pemorov) Sulawesi Tenggara dan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, bersinergi dalam melakukan pembersihan di beberapa titik lokasi dan teluk Kota Kendari.

Kegiatan itu akan diikuti oleh berbagai kalangan seperti masyarakat setempat, Kepala OPD dan staf, pihak BUMN, dan beberapa mitra pemerintah setempat.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan, pembersihan itu dilakukan untuk menata wajah kota menjadi baik dan lebih bersih. Selain itu, kegiatan  juga pernah dilakukan pada beberapa waktu, yaitu pada 9 Desember 2022 dan terbaru pada 5 Mei 2023 lalu.

Baca Juga: Panti Asuhan Annur Aswar Diduga Eksploitasi Anak Minta Bantuan Donatur

"Kemudian masing-masing dari pihak OPD menyiapkan peralatan dan ada saran dari pak gubernur, kita akan pakai pukat harimau untuk mengangkut sampah-sampah di sekitar teluk dan menjaring semua sampah," tuturnya saat membuka rapat di Ruang Samaturu Balai Kota Kendari.

Saat membahas kegiatan, sejumlah pihak menyampaikan aspirasinya, seperti diungkapkan oleh perwakilan TNI AL Kendari, menyebut sampah yang berada di Teluk Kendari banyak berasal dari hulu ataupun lahan pemukiman yang dekat dengan aliran air yang berakhir ke teluk.

General Manager Pelindo IV Kendari New Port, Suparman menuturkan, bakal menyiapkan sejumlah armada dalam menunjang kegiatan bersih-bersih yang bakal dilakukan di pemkot dan pemprov.

Selain itu, dalam rapat dibahas peran masing-masing zona yang terbagi dalam beberapa kecamatan seperti Kecamatan Kendari Barat, Nambo, dan sebagainya.

Baca Juga: Pemkot Kendari Lepas 574 Calon Jemaah Haji

Kabag Ops Polresta Kendari, Kompol Jupen Simanjuntak berharap, peran dan sinergi dari masing-masing OPD, pemprov dan pemkot dalam memaksimalkan bersih-bersih di Teluk Kendari.

Jupen menyebut perlunya kesadaran masyarakat akan kebersihan, karena sebagian besar sampah yang berserakan di sekitar Teluk Kendari berasal dari pemukiman masyarakat.

Kegiatan itu belum dipastikan jadwalnya, karena masih membahas gambaran awal kegiatan dan menunggu instruksi dari Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga